Paus Fransiskus: SDA Harus Bermanfaat bagi Seluruh Komunitas

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Sabtu, 07 September 2024 | 22:38 WIB
Paus Fransiskus berkunjung ke Papua Nugini (Foto/X Pope Francis)
Paus Fransiskus berkunjung ke Papua Nugini (Foto/X Pope Francis)

BeritaNasional.com - Paus Fransiskus mengingatkan para pemimpin Papua Nugini, kekayaan sumber daya alam (SDA) harus memberi manfaat bagi seluruh komunitas.

Seruan Paus tersebut menyinggung isu politik di Papua Nugini. Di negara tersebut, banyak pihak yang merasa kekayaan negara tersebut tidak dimanfaatkan secara maksimal kepada rakyat atau bahkan dicuri.

Papua Nugini kaya akan emas, tembaga, nikel, gas alam, dan kayu. Akibat SDA-nya yang melimpah ruah, banyak perusahaan besar dari seluruh dunia tertarik untuk berinvestasi di sana.

Namun, sekitar satu dari empat orang hidup di negara itu berada di bawah garis kemiskinan. Bahkan hanya 10 persen rumah yang memiliki listrik.

"Sumber daya ini ditakdirkan oleh Tuhan untuk seluruh komunitas," kata Paus.

Paus yang berusia 87 tahun tersebut melakukan kunjungan maraton selama 12 hari ke Asia-Pasifik. Ia bertekad untuk menekankan dialog antaragama dan mengunjungi negara-negara yang dianggap berada di pinggiran urusan dunia.

"Sudah sepantasnya kebutuhan masyarakat setempat dipertimbangkan dengan serius. Mempekerjakan orang-orang untuk meningkatkan kehidupan mereka jadi lebih baik," kata Paus dikutip dari VOA.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: