Setelah Gondol Emas Olimpiade, Lifter Rizki Juniansyah Pecahkan Rekor Nasional di PON

Oleh: Tarmizi Hamdi
Minggu, 08 September 2024 | 16:30 WIB
Lifter Rizki Juniansyah saat berlaga di PON XXI Aceh-Sumut. (Foto/Kemenpora)
Lifter Rizki Juniansyah saat berlaga di PON XXI Aceh-Sumut. (Foto/Kemenpora)

BeritaNasional.com - Lifter Rizki Juniansyah seorang tak ada habisnya membuat publik terpukau dengan aksinya di arena angkat besi.

Setelah menggondol emas Olimpiade Paris 2024, Rizki sukses memecahkan rekor nasional angkat besi di kelas 89 kilogram putra dalam pergelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 di GOR Seramoe, Banda Aceh, Sabtu (7/9/2024).

Bukan hanya itu, peraih medali emas Olimpiade Paris 2024 tersebut meyumbang satu emas untuk kontingen Banten setelah mencatatkan angkatan total 360 kilogram dalam penampilannya.

Dia melampaui rekor sebelumnya yang dicapai Muhammad Zul Ilmi dengan beban 337 kilogram.

Rizki memecahkan rekor nasional kelas 89 putra atas nama Muhammad Zul Ilmi yang memiliki rekor angkatan 155 kilogram di angkatan snatch. 

Rizki juga memecahkan rekor nasional atas nama Muhammad Zul Ilmi dengan rekor sebelumnya 187 kilogram di angkatan clean and jerk.

"Alhamdulillah sangat senang dan bangga tentunya. Dan Alhamdulillah-nya saya bisa memecahkan snatch, clean and jerk, dan total di kelas 89 (kilogram) putra. Ini adalah catatan rekor pertama saya dan rekor baru. Sebelumnya saya mencatatkan rekor di kelas 73 (kilogram), tetapi di PON ini, saya main di kelas 89 (kilogram), dan alhamdulillahnya saya masih bisa tampil maksimal di kelas ini," kata Rizki dalam keterangannya pada Sabtu usai pertandingan.

Di kelas yang sama, lifter Jawa Barat Joko Dwi Suprianto meraih medali perak dengan total angkatan 313 kilogram. 

Joko memiliki angkatan snatch terbaik pada 138 kilogram dan angkatan clean and jerk terbaik pada 175 kilogram.

Sementara itu, medali perunggu menjadi milik lifter Jawa Tengah Mohamad Najib, dengan total angkatan 309 kilogram. Najib memiliki catatan terbaik snatch pada 132 kilogram dan angkatan clean and jerk terbaik 173 kilogram.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: