Jokowi Resmikan 4 Jalan Tol di Aceh, Telan Biaya Rp 13,5 T

Oleh: Tim Redaksi
Senin, 09 September 2024 | 23:01 WIB
Presiden Jokowi saat meresmikan tol Sigli-Banda Aceh. (Foto/BPMI)
Presiden Jokowi saat meresmikan tol Sigli-Banda Aceh. (Foto/BPMI)

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan empat dari enam seksi ruas jalan tol Sigli-Banda Aceh, yang dipusatkan di Gerbang Tol Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, pada Senin (9/9/2024).

Keempat seksi tersebut adalah Seksi 2 (Seulimeum-Jantho), Seksi 3 (Jantho-Indrapuri), Seksi 5 (Blang Bintang-Kuto Baro), dan Seksi 6 (Kuto Baro-Baitussalam) yang memiliki panjang total 35 kilometer.

“Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim Jalan Tol Sigli-Banda Aceh seksi 2, seksi 3, seksi 5, dan seksi 6, pagi hari ini saya nyatakan diresmikan,” ujar Jokowi.

Jokowi menegaskan pentingnya infrastruktur sebagai kunci peningkatan konektivitas di Indonesia. Ia menyebutkan bahwa percepatan pembangunan infrastruktur, termasuk jalan tol, akan terus dilakukan guna mendukung pertumbuhan ekonomi dan pemerataan di berbagai wilayah.

“Infrastruktur sangat penting untuk meningkatkan konektivitas. Karena itu, kita akan terus melakukan percepatan pembangunan infrastruktur, termasuk pembangunan jalan tol Trans Sumatera sepanjang 2.998 km yang nantinya akan menyambung dari Lampung sampai Aceh,” ucap Jokowi.

Jokowi juga berharap, dengan tersambungnya jalan tol Trans Sumatera, efisiensi waktu tempuh akan meningkat, yang pada akhirnya mampu memberikan efek ganda bagi masyarakat. 

“Kita berharap dengan jalan tol Trans Sumatera, akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan mendorong pemerataan ekonomi di Pulau Sumatra,” ungkap Jokowi.

Iamenjelaskan bahwa proyek pembangunan yang dimulai sejak tahun 2019 tersebut menghabiskan anggaran sebesar Rp13,5 triliun. Dengan diresmikannya ruas jalan tol tersebut, diharapkan Aceh akan semakin terintegrasi dengan wilayah lainnya di Pulau Sumatra.

“Saya yakin, infrastruktur yang penting ini juga akan menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, memotivasi usaha kecil dan mikro, serta membangkitkan perekonomian di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam,” tambah Jokowi.

 sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: