Badak Jawa di Ujung Kulon Lahirkan Anak

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Sabtu, 14 September 2024 | 06:00 WIB
Ilustrasi badak jawa (Foto/Pixabay)
Ilustrasi badak jawa (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengumumkan kelahiran bayi badak jawa, anggota baru dari salah satu spesies paling terancam punah di dunia.

Rekaman yang diambil pada Mei berasal dari kamera yang dipasang di Taman Nasional Ujung Kulon, yang terletak di ujung barat pulau Jawa, dirilis oleh pihak kementerian pada September ini. 

Cuplikan video itu itu memperlihatkan bayi badak bernama Iris itu berjalan bersama ibunya. Menurut KLHK, Iris merupakan anak pertama dari induknya dan diperkirakan berusia 3-5 bulan.

Yayasan Badak Internasional (International Rhino Foundation) menyatakan, hanya ada sekitar 80 badak jawa secara global. Semuanya ada di Indonesia.

Dikutip dari VOA, seekor anak badak betina juga terlihat tahun lalu. Badak betina itu diyakini lahir pada Februari 2023.

Badak jawa, yang ditandai dengan cula tunggalnya, pernah ditemukan di seluruh timur laut India dan Asia Tenggara. 

Mereka kini menjadi salah satu spesies badak yang paling terancam di antara lima spesies badak, terutama akibat perburuan liar.

Kepala Balai Taman Nasional Ujung Kulon Ardi Andono mengatakan, penemuan Iris tidak berarti lingkungan tempat berkembang biak badak aman dari berbagai gangguan. "Bahaya masih mengancam, masih ada pemburu liar dan bencana alam."
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: