Indonesia Hadiahkan Patung Buddha ke Perdana Menteri Sri Lanka

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Minggu, 15 September 2024 | 08:30 WIB
Ilustrasi Indonesia hadiahkan patung Buddha ke Sri Lanka (Foto/Pixabay)
Ilustrasi Indonesia hadiahkan patung Buddha ke Sri Lanka (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kolombo, Sri Lanka memberikan sebuah patung Buddha yang merupakan hadiah dari Indonesia kepada Perdana Menteri Sri Lanka Dinesh Gunawardena di Kolombo.

Menurut Duta Besar RI untuk Sri Lanka dan Maladewa Dewi Gustina Tobing, patung tersebut merupakan simbol dari ikatan budaya dan spiritual mendalam yang menyatukan Sri Lanka-Indonesia.

“Di Indonesia, Buddha telah menjadi sumber inspirasi atas kebijaksanaan, dan patung ini mencerminkan nilai-nilai perdamaian, belas kasih, dan pencerahan yang menjadi inti ajaran Buddha,” kata Dewi

Patung yang diberikan oleh Ketua Sangha Theravada Indonesia Bhikkhu Sri Pannavaro Mahathera itu diserahkan Dewi kepada PM Gunawardena untuk Vihara Dharmayathanaya di Kolombo.

Bikkhu Elle Gunawansa Thero, pemimpin Vihara Dharmayathanaya, turut menyaksikan serah terima patung yang menggambarkan Buddha dalam posisi bersemadi tersebut.

Dikutip dari Antara, Patung Buddha tersebut dibuat oleh pemahat di Muntilan, dekat Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Pemahat memahat patung Buddha mengikuti pedoman dasar patung Buddha di Candi Mendut. Patung tersebut berasal dari sebongkah batu andesit berkualitas baik seberat satu ton dan setinggi 140 cm.

Terkait hadiah patung Buddha dari Indonesia tersebut, PM Gunawardena menyampaikan terima kasihnya kepada Indonesia dan, khususnya, masyarakat Buddha di Indonesia atas patung berkualitas tinggi tersebut.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: