Nikmati Liburan Seru dengan Alam di Kebun Raya Bogor

Oleh: Tarmizi Hamdi
Senin, 16 September 2024 | 00:00 WIB
Kelas edukasi Kebun Raya Bogor. (Foto/KRB)
Kelas edukasi Kebun Raya Bogor. (Foto/KRB)

BeritaNasional.com - Libur panjang Maulid Nabi dapat dimanfaatkan keluarga untuk berekreasi. Salah satu pilihan tepat untuk mengajak keluarga dan kerabat mengenal lebih dekat dengan alam adalah wisata Kebun Raya Bogor.

Kebun Raya Bogor menawarkan wisata alam yang menarik dengan hadirnya wahana pilihan.

Sebut saja, Tour de Kebun Raya. Pada wahana ini, Anda akan mendapatkan pengalaman baru yang menarik berkeliling Kebun Raya dipandu oleh tour guide andalan dengan mengikuti Tour de Kebun Raya. 

Pengunjung bisa mengenai tumbuhan secara lengkap serta mempelajari sejarah yang ada di Kebun Raya dengan didampingi oleh tour guide.

Kapasitas maksimum Tour de Kebun Raya 10 orang per trip dengan harga tiket Rp 35 ribu per orang.

Pilihan Rute:
1. Historical Site
Monumen Lady Raffles - Monumen Reindwardt - Istana Bogor - Makam Belanda – Taman Bambu - Taman Teisjmann - Museum Zoologi - Monumen Lady Raffles

2. Interesting Collection
Monumen Lady Raffles - Pohon Kayu Raja - Taman Mexico - Pakis Naga - Kayu Ulin – Koleksi Kopi - Pohon Beringin - Monumen JJ Smith / Paku-pakuan - Kolam Kecil - Pohon Tertua di Kebun Raya Bogor - Kolam Gunting - Monumen Lady Raffles

3. Eco Tree
Ecodome - Orchidarium - Tanaman Obat - Taman Sudjana Kassan - Pohon Jodoh – Pohon Kenari Babi - Kelapa Sawit - Randu Kembar - Tugu 2 Abad - Ecodome.

Kemudian, ada wahana khusus untuk anak TK hingga SMA, yaitu study tour. Kebun Raya merupakan salah satu pusat edukasi tumbuhan dan tanaman. Anak-anak dapat mempelajari tentang tumbuhan dan tanaman melalui Paket Study Tour TK-SMA yang tersedia di Kebun Raya. Paket yang ditawarkan mulai Rp 40 ribu-Rp55 ribu.

Selanjutknya, ada Botarium, yaitu adalah media yang dibuat Kebun Raya untuk membahas tentang terarium. 

Pengunjung bisa mendapatkan panduan dan serba serbi tentang terarium serta mendapatkan perlengkapan untuk terarium.⁣

Terarium banyak digemari karena dapat menjadi elemen dekoratif dalam rumah. Melalui Terarium , kita dapat menciptakan ekosistem mini buatan sendiri yang juga bisa dimanfaatkan sebagai penghias.

Dengan Botarium, membuat terarium akan lebih mudah dan menyenangkan. Kamu bisa belajar membuat terarium untuk menghilangkan rasa penat dari aktivitas sehari-hari.

Kemudian, ada Virtual Tour. Kebun Raya terus berinovasi agar masyarakat tetap dapat belajar tentang Kebun Raya dari rumah, untuk itu Kebun Raya meluncurkan program Virtual Tour de Kebun Raya yang diisi dengan edukasi online tentang flora di Kebun Raya hingga fauna di Museum Zoologi yang dipandu oleh Tour Guide berpengalaman. Harga tiket mulai Rp 15 ribu-Rp 100 ribu.

Terakhir, ada kelas edukasi sambil yang isinya pengunjung akan diberi pengetahuan tentang beberapa tanaman hingga cara menanam dan merawat tanaman itu. Harga tiketnya Rp 75 ribu-Rp 400 ribu.

Semua harga di wahana ini belum termasuk harga tiket masuk Kebun Raya Bogor seharga Rp 15 ribu per orang di hari biasa serta Rp 25 ribu per orang saat weekend dan libur nasional.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: