Ridwan Kamil Sebut Prabowo Akan Bangun Giant Sea Wall di Jakarta

Oleh: Ahda Bayhaqi
Senin, 16 September 2024 | 19:30 WIB
Presiden Terpilih Prabowo Subianto dalam sebuah kegiatan. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Presiden Terpilih Prabowo Subianto dalam sebuah kegiatan. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil mengungkap Presiden Terpilih Prabowo Subianto akan membangun tanggul raksasa atau giant sea wall dari Jakarta untuk menanggulangi masalah banjir. 

Ridwan mengatakan hal itu merupakan proyek pemerintah pusat, bukan menjadi kebijakan gubernur Jakarta.

Meski akan ada yang menggunakan anggaran dari pemerintah provinsi, pembangunan tanggul raksasa ini merupakan kebijakan yang tertunda.

"Di Jakarta itu, ada dua kegiatan, kegiatan yang dilakukan oleh Pemprov DKI anggaran DKI dan ada kegiatan yang dibiayai oleh pusat. Nah, giant sea wall itu adalah proyek pusat yang selama ini beberapa gubernur belum bisa karena prioritas dari presidennya mungkin berbeda," kata Ridwan di Plataran Senayan, Jakarta, Senin (16/9/2024).

Ridwan menuturkan Prabowo akan memprioritaskan pembangunan giant sea wall itu dari utara Jakarta sampai Surabaya, Jawa Timur.

"Kalau Pak Prabowo sudah menyatakan penanganan banjir laut utara dari Jakarta sampai Surabaya ini akan jadi prioritas," katanya.

Tahap pertama pembangunan giant sea wall akan dimulai di Jakarta. Prabowo menargetkan akan menyelesaikan dalam satu periode kepemimpinannya.

"Itu akan dimulai tahap satu tentu di Jakarta, di era Pak Prabowo lima tahun ke depan," tandas Ridwan.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: