Nama Rano Karno Ditambahi Si Doel, KPU Berikan Penjelasan

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 22 September 2024 | 17:12 WIB
KPU DKI Jakarta saat memberikan keterangan pers. (BeritaNasional/Oke Atmaja).
KPU DKI Jakarta saat memberikan keterangan pers. (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com - KPU DKI Jakarta telah menetapkan Pramono Anung dan Rano Karno sebagai salah satu kandidat yang berlaga di Pilgub Jakarta 2024. Bahkan, KPU menyebut Rano Karno dengan nama belakang Si Doel.

Menurut Ketua KPU DKI Jakarta Wahyu Dinata mengatakan bahwa Rano Karno sudah memberikan surat pengadilan mengenai perubahan nama. 

“Kami mendapatkan tanggapan masyarakat mengenai hal dimaksud, dan kami lakukan klarifikasi ke wakil gubernur atas nama Rano Karno, dan yang bersangkutan mengaku memiliki surat pengadilan yang dimaksud,” tutur Wahyu di KPU DKI Jakarta, Minggu (22/9/2024).

Kemudian, Anggota KPU DKI, Dody Wijaya, mengatakan perubahan nama itu datang dari tanggapan masyarakat.

"Pertama betul pada saat hasil, pengumuman hasil administrasi perbaikan tanggal 12 September melalui berita acara kami sudah tetapkan untuk pasangan calon Wagub atas nama Rano Karno, namun pada masa tanggapan masyarakat tanggal 18 September 2024 kami menerima tanggapan masyarakat," ujar Dody.

Dody menjelaskan bilamana dalam tanggapan itu dijelaskan bahwa Rano Karno lebih dikenal sebagai Si Doel, pemeran dalam sinetron 'Si Doel Anak Sekolahan'.  Sehingga, kata dia, warga itu meminta nama Rano ditambahkan 'Si Doel' di belakangnya.

"Kami menerima tanggapan masyarakat yang menyampaikan bahwa sebagai warga Jakarta selama ini lebih mengenal haji Rano Karno melalui perannya sebagai Si Doel, di foto beliau dikenal sebagai Si Doel," ungkap Dody.

"Karena itu masyarakat mengusulkan agar nama Si Doel agar dicantumkan dalam kertas suara, ditulis dalam Haji Rano Karno (Si Doel)," tambahnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: