Korsel Kecam Keras Penentang Unifikasi Korea

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 26 September 2024 | 14:00 WIB
Korsel kecam penentang unifikasi Korea (Foto/Pixabay)
Korsel kecam penentang unifikasi Korea (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Menteri Unifikasi Korea Selatan Kim Yung Ho mengecam keras para pendukung gagasan Korea Utara (Korut) mengenai kedua Korea yang hidup sebagai negara terpisah dan bermusuhan. 

Kim juga menekankan, unifikasi Korea merupakan satu-satunya jalan untuk membawa perdamaian di Semenanjung Korea.

“Menjelang revisi konstitusi Korut, ada beberapa orang di masyarakat kita yang malah mendukung sikap anti-unifikasi dan anti-nasional Korut,” kata Kim dikutip dari Antara.

Kim melontarkan pernyataan tersebut saat upacara yang menandai sumbangan dana unifikasi dari kelompok masyarakat, setelah Im Jong Seok, kepala staf mantan Presiden Moon Jae In, baru-baru ini mengusulkan untuk berhenti melakukan unifikasi.

Pengunduran diri Im menuai kritik keras. Banyak orang menuding Im sejalan dengan Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong Un yang mendefinisikan hubungan antar-Korea sebagai hubungan antara dua negara yang saling bermusuhan.

Kim Yung Ho mengatakan, sikap dua negara yang bermusuhan di Korea tidak akan pernah bisa membawa perdamaian di Semenanjung Korea. Oleh karena itu, agar dicapai perdamaian maka unifikasi adalah satu-satunya cara untuk mencapai hal tersebut.

“Rakyat kami tidak akan pernah mengikuti klaim anti-konstitusional dan anti-unifikasi Korea Utara,” kata Kim Yung Ho.

Sebelumnya, Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol mengecam  para tokoh politik yang telah beralih dari mendukung penyatuan kedua Korea menjadi mendukung gagasan hidup sebagai negara yang terpisah dan bermusuhan. Ia menilai, pandangan tersebut inkonstitusional.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: