60 UMKM Binaan Pertamina Ramaikan MotoGP Mandalika, Omzetnya Ditaksir Rp 700 Miliar

Oleh: Tarmizi Hamdi
Minggu, 29 September 2024 | 12:30 WIB
Salah satu stan UMKM yang meramaikan MotoGP Mandalika 2024. (Foto/Pertamina)
Salah satu stan UMKM yang meramaikan MotoGP Mandalika 2024. (Foto/Pertamina)

BeritaNasional.com - Dalam pergelaran MotoGP Mandalika 2024, Pertamina melibatkan 60 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaannya di area Pertamina Energizing You Festival, Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 27-29 September.

Omzet 60 UMKM ini ditaksir lebih dari Rp 700 miliar. Hal tersebut berkaca pada pergelaran tahun lalu bahwa omzet 50 UMKM yang meramaikan MotoGP Mandalika mencapai Rp 700 miliar dalam pergelaran tiga hari tersebut.

Hal ini diungkapkan Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso yang dilansir dari laman resmi Pertamina. 

"Tahun ini kami berharap penjualan produk lokal ini bisa meningkat, bahkan dikenal turis mancanegara yang hadir," jelasnya pada Sabtu (28/9/2024)..

Fadjar menambahkan, dukungan Pertamina pada tahun ketiga ini sejalan dengan perannya sebagai BUMN energi untuk mendorong perekonomian masyarakat. Beberapa mitra binaan, menurut Fadjar, juga mendapat order dari luar negeri.

‘’Melihat pertumbuhan ekonomi terutama dari sektor pariwisata dan perdagangan, memicu perputaran ekonomi,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati turut mendukung gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024, termasuk kehadiran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Pertamina di area Pertamina Energizing You Festival.

Di tengah teriknya cuaca Mandalika, Lombok, Nicke menyempatkan berkunjung ke booth-booth UMKM binaan Pertamina pada Sabtu (28/9/2024).

Selain itu juga terdapat booth Pertamina Patra Niaga dan Perusahaan Gas Negara yang memberi informasi produk dan layanan kepada pengunjung ajang balap motor internasional ini.

 sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: