Berjalan Panas, Sultan Najamudin Terpilih sebagai Ketua DPD RI Kalahkan La Nyalla Lewat Voting

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 02 Oktober 2024 | 05:58 WIB
Sultan Najamudin Terpilih sebagai Ketua DPD RI Kalahkan La Nyalla Lewat Voting. (BeritaNasional/Elvis).
Sultan Najamudin Terpilih sebagai Ketua DPD RI Kalahkan La Nyalla Lewat Voting. (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Sultan B Najamudin terpilih sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2024-2029. Sultan terpilih berdasarkan hasil pemungutan suara pada Rabu (2/10/2024) dini hari.

Proses pemilihan ketua DPD RI yang dimulai sejak Selasa (1/10/2024) pukul 19.30 WIB berlangsung cukup alot.

Sebabnya ada dua paket pimpinan yang memperebutkan posisi pimpinan DPD. Yaitu kubu calon Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti berhadapan dengan kubu calon Ketua DPD RI Sultan B Najamudin.

Paket pimpinan La Nyalla sebagai calon ketua bersama Nono Sampono, Elviana, dan Andi Muhammad Ihsan sebagai calon wakil ketua. 

Sementara paket pimpinan Sultan Najamudin sebagai calon ketua bersama GKR Hemas, Yorrys Raweyai, dan Tamsil Linrung sebagai calon wakil ketua.

Dalam rapat penetapan pimpinan DPD RI yang dipimpin Ketua DPD dan Wakil Ketua DPD sementara, Ismeth Abdullah dan Larasati Moriska sempat memanas. Permasalahannya adalah mengenai syarat dukungan 25 persen dari 4 subwilayah.

Namun, rapat akhirnya berjalan sampai dilakukan pemungutan suara untuk menetapkan paket pimpinan DPD.

Hasil pemungutan suara, Sultan unggul dengan mengantongi 95 suara dari La Nyalla dengan memperoleh 56 suara.

Berdasarkan hasil voting tersebut, Sultan ditetapkan sebagai ketua DPD RI, bersama tiga wakil ketua yaitu, GKR Hemas, Yorrys Raweyai, dan Tamsil Linrung.

Dalam pidato setelah ditetapkan sebagai ketua DPD RI, Sultan berjanji akan tampil sebagai pimpinan, bukan bos di DPD RI. Ia mengaku akan memimpin secara demokratis dan tanpa tekanan.

"Izinkan kami berempat hanya tampil sebagai pimpinan, bukan sebagai bos. Insya Allah kami akan memimpin secara demokratis  tanpa tekanan. Karena paket yang kami rumuskan terdiri dari orang-orang yang berpengalaman dalam memimpin daerah dan kompeten dalam memperjuangkan aspirasi rakyat daerah. Peran Pak La Nyalla selama ini sudah baik, namun izinkan kami menyempurnakan dengan lebih baik," ujar Sultan.

Sultan mengatakan DPD RI harus kolaboratif dan inklusif. Karena itu perlu kolaborasi DPD bersama pemerintah untuk memperkuat peran para senator.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: