Traveling ke Yogyakarta, Jangan Lupa Kunjungi 5 Candi Bersejarah Ini

Oleh: Tim Redaksi
Kamis, 03 Oktober 2024 | 06:00 WIB
Ilustrasi indahnya Candi Mendut (Foto/X Masngapak)
Ilustrasi indahnya Candi Mendut (Foto/X Masngapak)

BeritaNasional.com - Yogyakarta atau yang sering disebut Jogja, terkenal dengan warisan budayanya, khususnya sejumlah candi yang penuh nilai sejarah. Candi-candi tersebut merupakan sisa-sisa peninggalan kerajaan Hindu dan Buddha yang pernah berkembang di wilayah tersebut.

Biasanya orang memilih berkunjung ke Candi Borobudur atau Candi Prambanan, padahal masih banyak candi di Jogja yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Ini dia beberapa daftar candi yang wajib dikunjungi saat traveling ke Yogyakarta,

1. Candi Sewu

Candi Sewu terletak di Kompleks Candi Prambanan merupakan candi yang berlatar agama Budha dan terbesar kedua di Indonesia setelah Borobudur. Candi Sewu digunakan sebagai tempat beribadah dan ritual keagamaan oleh umat Buddha. Meski rusak akibat gempa pada tahun 2006, Candi Sewu masih tetap mempertahankan kemegahannya dan wajib dikunjungi bagi para pecinta sejarah dan arsitektur. Pengunjung bisa berkeliling sambal memotret candi atau menyewa sepeda untuk berkeliling di kawasan candi.

2. Candi Mendut

Candi Mendut dikelilingi oleh sejumlah gunung, diantaranya Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gundung Sindoro, dan Gunung Sumbing. Harga tiket masuk wisata Candi Mendut cukup terjangkau. Selain itu keindahan yang ditawarkan Candi Mendut juga sedap dipandang mata.

3. Candi Plaosan

Candi ini merupakan perpaduan antara aliran agama Buddha dan Hindu dan digunakan sebagai tempat upacara keagamaan agama Buddha. Candi Plaosan sering disebut candi kembar karena komplek candi ini dibagi menjadi 2 kelompok yaitu Candi Plaosan Lor dan Kidul. Candi Plaosan beroperasi pada hari Selasa hingga Minggu, mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Lokasi yang cukup strategis, pengunjung dapat menggunakan transportasi pribadi ataupun umum.

4. Candi Ijo

Candi Ijo yang letaknya berada di ketinggian membuat Candi Ijo memegang predikat candi tertinggi di Jogja dan bangunannya berbentuk teras berundak karena berada di atas bukit. Lokasi Candi Ijo berdekatan dengan tempat wisata lain, seperti Tebing Breksi. Candi Ijo beroperasi dari pagi sampai sore hari, tepatnya pukul 09.00 sampai 17.00 WIB saat hari biasa, dan pukul 07.00 sampai 17.00 WIB saat hari libur. Candi Ijo sangat cocok untuk menyepi dan menikmati waktu dengan merenung sambil menikmati Jogja dari ketinggian.


5. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko merupakan salah satu candi Hindu di Kawasan Prambanan. Candi yang juga disebut dengan Keraton Ratu Boko ini tepatnya terletak di atas puncak bukit dengan tinggi sekitar 200 meter sehingga pengunjung bisa melihat pemandangan Jogja, Gunung Merapi dan Candi Prambanan. Di sana juga terdapat situs berupa reruntuhan di Candi Ratu Boko dan banyak spot foto menarik yang bisa dijumpai pengunjung.

(Fadia Rahma Baitullah/Magang)sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: