Sah! Ahmad Muzani Jadi Ketua MPR 2024-2029

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 03 Oktober 2024 | 11:07 WIB
Ahmad Muzani ditetapkan sebagai Ketua MPR RI. (Foto/Istimewa).
Ahmad Muzani ditetapkan sebagai Ketua MPR RI. (Foto/Istimewa).

BeritaNasional.com - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI melantik sembilan pimpinan periode 2024-2029. MPR mengesahkan penetapan ketua dan wakil ketua MPR periode 2024-2029 pada Sidang Pelantikan Pimpinan MPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2024).

Ahmad Muzani dari Fraksi Gerindra resmi ditetapkan sebagai Ketua MPR RI periode 2024-2029. Bersama delapan wakil ketua dari tujuh fraksi dan satu unsur DPD RI.

Delapan wakil ketua MPR itu adalah, Bambang Wuryanto dari Fraksi PDIP, Kahar Muzakir dari Fraksi Partai Golkar, Lestari Moerdijat dari Fraksi Partai NasDem, Rusdi Kirana dari Fraksi PKB, Hidayat Nur Wahid dari PKS, Eddy Soeparno dari Fraksi PAN, Edhie Baskoro Yudhoyono dari Fraksi Partai Demokrat, Abcandra Muhammad Akbar Supratman dari unsur DPD.

Sidang Paripurna dipimpin oleh Ketua MPR Sementara Guntur Sasono dan Wakil Ketua MPR Sementara Larasati Moriska. Sidang diawali laporan DPD terkait pemilihan wakil ketua MPR dari unsur DPD. Kemudian, Guntur membacakan nama-nama pimpinan yang diusulkan fraksi-fraksi dan unsur DPD.

Guntur menyampaikan keputusan Rapat Gabungan MPR yang menyepakati Ahmad Muzani sebagai ketua MPR. Dilanjutkan dengan pengambilan keputusan terhadap sembilan nama pimpinan MPR.

"Rapat gabungan juga telah menyepakati ketua MPR periode 2024-2029, adalah Ahmad Muzani dari Fraksi Gerindra," kata Guntur.

"Apakah hasil rapat gabungan terkait pimpinan MPR periode 2024-2029 dan keputusan penetapan Ahmad Muzani sebagai ketua MPR 2024-2029 dapat disetujui?" lanjut Guntur mengambil keputusan.

"Setuju," jawab anggota dewan yang hadir.

Pelantikan sembilan pimpinan MPR dilanjutkan dengan pengucapan sumpah janji.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: