Inilah 6 Makanan Lezat dan Menyehatkan Asli Indonesia

Oleh: Tim Redaksi
Rabu, 09 Oktober 2024 | 20:30 WIB
Makanan Nusantara, gado-gado. (Foto/Seni Budaya Betawi)
Makanan Nusantara, gado-gado. (Foto/Seni Budaya Betawi)

BeritaNasional.com - Dalam meningkatkan kesehatan dan menjaga pola makan seimbang, kita penting mengenali dan mengapresiasi keanekaragaman kuliner lokal yang tidak hanya memuaskan selera, tetapi juga bermanfaat bagi tubuh.

Indonesia sebagai negara kepulauan yang kaya akan budaya dan tradisi memiliki warisan kuliner yang sangat beragam. Dari Sabang sampai Merauke, setiap daerah menyajikan hidangan yang tidak hanya lezat, tetapi juga kaya akan nilai gizi.

Ada beberapa makanan Indonesia sebagai menu diet yang tetap bisa dikonsumsi dan bergizi, yaitu:

1. Pecel Sayur

Pecel sayur adalah hidangan tradisional yang dikenal, terutama di daerah Jawa. Hidangan ini terbuat dari beberapa jenis sayuran yang disajikan dengan sambal pecel, yaitu bumbu kacang yang kaya rasa.

2. Gado-Gado

Gado-gado adalah salad sayuran Indonesia yang disajikan dengan bumbu kacang. Hidangan ini biasanya mencakup sayuran seperti kol, wortel, dan kentang, serta telur rebus dan tahu atau tempe. Gado-gado kaya akan nutrisi dan sangat cocok untuk gaya hidup sehat.

3. Urap

Urap adalah salad sayuran yang dicampur dengan kelapa parut yang dibumbui. Sayuran ini biasanya diisi dengan kacang panjang, tauge, dan bayam.

4. Soto Ayam

Soto ayam adalah sop ayam yang kaya rempah. Biasanya disajikan dengan sayuran kol seledri daun bawang dan nasi.

5. Sup Kacang Merah

Hidangan yang terbuat dari kacang merah, sayuran, dan bumbu rempah. Kacang merah kaya akan protein, serat, dan berbagai vitamin sehingga menjadikannya pilihan makanan yang sehat dan mengenyangkan.

6. Gado-gado

Makanan tradisional Indonesia yang dikenal dan digambarkan sebagai salad kedua dari urap.

Hidangan ini sangat populer karena kaya nutrisi dan cocok untuk vegetarian.

(Nailil Hikmah/Magang)sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: