8 Kecamatan Terdampak Banjir di Kabupaten Aceh Tenggara

Oleh: Tim Redaksi
Sabtu, 12 Oktober 2024 | 21:38 WIB
8 Kecamatan Terdampak Banjir di Kabupaten Aceh Tenggara. (Foto/BNPB).
8 Kecamatan Terdampak Banjir di Kabupaten Aceh Tenggara. (Foto/BNPB).

BeritaNasional.com - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Aceh Tenggara pada Kamis (10/10/2024) menyebabkan bencana banjir. Debit sungai Lawe Kinga, Lawe Alas, dan Lawe Mamas meningkat drastis, mengakibatkan beberapa tanggul sungai jebol. 

“Luapan banjir ini merusak lahan pertanian, fasilitas umum, dan permukiman warga,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya, Sabtu (12/10/2024).

Berdasarkan data yang diperoleh BNPB, banjir melanda delapan kecamatan di Kabupaten Aceh Tenggara. 

Semisalnya Kecamatan Bambel menjadi salah satu yang paling terdampak, terdiri dari tujuh desa: Ampera, Lawe Hijo, Lawe Hijo Meutuah, Kuning I, Pedesi, Kuning II, dan Trt. Seperai. Selain itu, Kecamatan Lawe Sumur juga mengalami dampak signifikan, yang mencakup empat desa: Setia Baru, Kuta Lesung, Buah Pala, dan Trt. Megara Lawe Pasaran Dusun Nasi.

Di sisi lain, Kecamatan Ketambe dan Kecamatan Darul Hasanah juga melaporkan dampak banjir. Di Ketambe, Desa Ketambe terkena imbas, sementara di Darul Hasanah, Desa Tanjung Lama mengalami kondisi serupa. 

“Kecamatan lain yang turut melaporkan kerusakan akibat banjir termasuk Kecamatan Babul Rahmah, Lawe Bulan, Tanah Alas, dan Babussalam, di mana beberapa desa mengalami kerusakan yang cukup signifikan,” urai dia.

Abdul menuturkan informasi mengenai korban jiwa masih dalam pendataan. Kerugian materil yang diakibatkan oleh banjir termasuk empat tanggul jebol, satu jalan desa terdampak, satu jembatan gantung, serta kerusakan pada lahan perkebunan, pertanian, dan perikanan warga.

“Upaya penanganan banjir, BPBD Kabupaten Aceh Tenggara telah melakukan kaji cepat dan mengerahkan satu unit ekskavator guna menutup tanggul yang jebol. Tanggul yang jebol masih dalam proses perbaikan. Saat ini, tinggi air mencapai satu meter dan air belum surut,” jelasnya.

Selain itu, Abdul menuturkan BNPB mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan menghindari wilayah yang rawan banjir. 

“Pastikan untuk mengikuti informasi terkini dari instansi terkait, serta segera evakuasi ke tempat yang lebih aman jika situasi memburuk,” tandasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: