5 Perayaan yang Diperingati Setiap 19 Oktober

Oleh: Sri Utami Setia Ningrum
Jumat, 18 Oktober 2024 | 09:02 WIB
(Ilustrasi/Freepik)
(Ilustrasi/Freepik)

BeritaNasional.com -  Tanggal 19 Oktober diperingati hari apa aja sih selain ulang tahun kamu atau ulang tahun kekasih? Yuk simak

1. Hari Aksi Kemanusiaan Sedunia

Hari Aksi Kemanusiaan Sedunia jatuh setiap tanggal 19 Oktober. Hari ini merupakan momen penting untuk menghormati para pahlawan yang telah berkorban dalam berbagai aksi kemanusiaan. Peringatan ini menjadi kesempatan bagi masyarakat di seluruh dunia untuk mengenang jasa mereka yang telah menjadi martir demi melindungi, dan menyelamatkan nyawa sesama manusia.

Momentum ini juga merupakan panggilan bagi seluruh masyarakat untuk menunjukkan dukungan publik dalam skala besar terhadap aksi kemanusiaan. Ketika pemerintahan gagal dalam tugasnya, organisasi nirlaba dan lembaga kemanusiaan memainkan peran penting dalam mengisi kekosongan ini.

Hari Aksi Kemanusiaan Sedunia menjadi pengakuan dan apresiasi terhadap keberanian orang-orang yang rela berkorban demi menyelamatkan orang lain. Semangat ini memotivasi individu dari seluruh penjuru dunia untuk terlibat dalam organisasi kemanusiaan seperti UNICEF, Palang Merah, dan organisasi serupa, serta menjadi duta aktif dalam menyebarkan pesan kemanusiaan.

Dilansir dari situs National Today, aksi kemanusiaan diperingati dengan menjaga martabat manusia, meringankan penderitaan sesama. Serta menyelamatkan nyawa orang tanpa memandang ras, suku, etnis, jenis kelamin, agama, atau politik.

Sejarah tentang Hari Aksi Kemanusiaan Sedunia dimulai pada 1946. Kala itu, sesi pertama Majelis Umum PBB di London dihadiri 51 negara perwakilan dilakukan. 

Hari Kemanusiaan Sedunia pun dibentuk pada 2009 sebagai penghormatan kepada martir pengeboman. Yaitu, di Markas Besar PBB di Baghdad pada 2007 lalu.

Pada 2011, PBB mulai meluncurkan kampanye bertajuk People Helping People. Di mana world campaign ini ditujukan untuk menginspirasi setiap manusia agar berkontribusi pada pekerjaan berbasis bantuan kemanusiaan. 

Selnjutnya, PBB membuat proyek The World Needs More pada 2013 yang sekaligus menandai lahirnya Hari Aksi Kemanusiaan Sedunia. Kala itu, PBB mengundang para dermawan, dan donatur dari perusahaan-perusahaan swasta untuk melakukan aksi kolaborasi.

2. Hari Kanker Payudara Sedunia

Hari Kanker Payudara Sedunia atau International Day Against Breast Cancer diperingati setiap tanggal 19 Oktober. Hari ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang kanker payudara dan pentingnya deteksi dini, pengobatan, serta dukungan bagi mereka yang terkena kanker payudara.

Tujuan Hari Kanker Payudara Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang penyakit kanker payudara. Pada Hari Kanker Payudara Sedunia, banyak organisasi dan lembaga kesehatan melakukan kampanye sosial dan memberikan informasi tentang kanker payudara.

3. Hari Tulang dan Sendi Pediatrik Sedunia

Pada tanggal 19 Oktober juga diperingati sebagai Hari Tulang dan Sendi Anak Sedunia atau World Pediatric Bone and Joint Day (PB&J Day). Tujuan dari peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang kesehatan tulang dan sendi pada anak-anak, serta pentingnya pencegahan dan pengobatan penyakit tulang dan sendi yang mungkin mereka alami.

TIdak hanya orang dewasa, anak-anak juga rentan terhadap masalah tulang dan sendi, terutama akibat dari masalah obesitas. Oleh karena itu, upaya preventif dan perawatan yang tepat sangatlah penting untuk memastikan masa pertumbuhan dan perkembangan mereka berlangsung secara sehat dan optimal.

4. International ShakeOut Day

International ShakeOut Day diperingati pada hari Kamis ketiga di bulan Oktober setiap tahunnya yang pada tahun ini, jatuh pada tanggal 19 Oktober. Hari ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mengambil tindakan segera dalam kasus gempa bumi.

Selama peringatan ini, masyarakat di seluruh dunia diajak untuk mempelajari (dan berlatih) cara melindungi diri sendiri dan orang-orang dari bahaya gempa bumi. Pada International ShakeOut Day, jutaan orang di seluruh dunia berpartisipasi dalam latihan gempa bumi dengan melakukan 'Drop, Cover, and Hold On' pada pukul 10.19 pagi waktu setempat.

5. National New Friends Day

Selanjutnya terdapat National New Friends Day atau Hari Teman Baru Nasional diperingati setiap tahun pada tanggal 19 Oktober. Tujuannya adalah untuk merayakan keindahan yang timbul dari pertemanan baru dan memberikan ruang bagi hubungan baru dalam kehidupan kita.

Hari Teman Baru Nasional bertujuan untuk menginspirasi orang untuk membentuk koneksi baru dan memperluas jaringan sosial mereka. Ada berbagai cara untuk merayakan, seperti mencari teman baru, menghabiskan waktu bersama mereka, atau memberikan hadiah kecil sebagai tanda persahabatan.

 sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: