Cerita Ikut Pembekalan di Akmil Magelang, Bahlil Mengaku Hanya Tidur 2 Jam

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 26 Oktober 2024 | 14:45 WIB
Menteri ESDM Bahlil Lahadalia. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
Menteri ESDM Bahlil Lahadalia. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com - Menteri ESDM Bahlil Lahadalia menceritakan pengalamannya mengikuti pembekalan di Akademi Militer (Akmil) Magelang bersama Presiden Prabowo Subianto dan Kabinet Merah Putih. Bahlil menyoroti tantangan harus bangun pagi yang jarang dilakukannya.

Dia biasa harus tidur pukul 02.00 dini hari, lalu bangun sekitar 04.00 subuh. Setelah itu, para menteri harus langsung beraktivitas.

"Bangun paginya itu agak repot saya, biasanya kan kita tidurnya jam 2, bangun jam 5 subuh, habis subuh tidur lagi kan, nanti bangun jam 7. Nah ini tidak, kita tidurnya jam 2, jam 4 sudah bunyi," ujarnya Sabtu (26/10/2024).

Namun, Bahlil mengilhami pembekalan ini sebagai latihan disiplin serta mengajarkan tanggung jawab atas panggilan tugas dan harus selalu siap.

"Tapi, itu bagus bahwa hidup itu disiplin, tanggung jawab negara itu mau 2 jam, 1 jam tidur, begitu panggilan tugas, harus siap," ujar ketum Golkar ini.

Bahlil berharap metode ini bisa diterapkan di kementeriannya supaya membangun disiplin dan tanggung jawab.

Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara Prasetyo Hadi menekankan pentingnya kekompakan sebagai satu tim. 

Ia mengibaratkan kerja kabinet seperti tim sepak bola, di mana setiap anggota memiliki peran berbeda, namun bekerja sebagai satu kesatuan. 

"Analoginya sebagai sebuah tim sepak bola, ada yang di depan, ada yang di belakang, ada yang di samping, tapi semua men-support sebagai satu kesatuan," ujar Prasetyo Hadi.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: