Begini Kesan Menteri Kabinet Merah Putih Ikuti Pembekalan di Akademi Militer Magelang

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 26 Oktober 2024 | 13:41 WIB
Menteri Kabinet Merah Putih saat mengikut pembekalan di Akmil Magelang. (Foto/Biro Pers).
Menteri Kabinet Merah Putih saat mengikut pembekalan di Akmil Magelang. (Foto/Biro Pers).

BeritaNasional.com - Jajaran menteri Kabinet Merah Putih terkesan dengan retreat dan pembekalan di Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah. Para menteri mengikuti senam pagi, latihan baris berbaris dan pembekalan. Para menteri juga mempererat ikatan antar anggota kabinet, menyelaraskan visi dan membangun kekompakan.

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengatakan, kegiatan tersebut sebagai langkah efektif menyamakan frekuensi kerja para menteri.

"Kesannya sangat baik, saya rasa ini adalah suatu langkah yang sangat efektif bagaimana kita di kabinet merah putih ini bisa menyamakan langkah dan frekuensi," ujar Dito, Sabtu (26/10/2024).

Dito menekankan hubungan kemanusiaan dan ikatan antar anggota kabinet. Pendekatan ini mempercepat sinergi untuk mewujudkan tujuan Presiden Prabowo dalam membentuk kabinet yang cepat dan efektif.

"Jadi ini mempercepat karena Bapak Presiden ingin Kabinet Merah Putih bekerja cepat dan bekerja efektif," ungkap Dito.

Menteri Agama Nasaruddin Umar mengatakan, kegiatan retreat ini bermanfaat untuk membangun kekompakan dan menyatukan visi kabinet. Hal ini menjadi shock therapy penting bagi anggota kabinet dan pejabat eselon di berbagai instansi.

"Latihan sekarang ini saya kira bukan hanya penting untuk para kabinet tetapi juga pejabat eselon 1, pejabat eselon 2 setiap instansi, itu saya kira sangat bagus untuk melakukan hal yang sama," ujar Nasaruddin Umar.

Di sisi lain, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia menyoroti tantangan bangun pagi yang jarang dilakukannya. Namun, ia mengakui bahwa latihan disiplin ini baik untuk mengajarkan tanggung jawab dalam keadaan apapun dan berharap kegiatan serupa bisa diterapkan di kementeriannya. 

"Bangun paginya itu agak repot saya, biasanya kan kita tidurnya jam 2, bangun jam 5 subuh, habis subuh tidur lagi kan, nanti bangun jam 7. Nah ini tidak, kita tidurnya jam 2, jam 4 sudah bunyi. Tapi itu bagus bahwa hidup itu disiplin, tanggung jawab negara itu mau 2 jam, 1 jam tidur, begitu panggilan tugas, harus siap," tutur Bahlil.

Menteri Sekretaris Negara Prasetyo Hadi pun menekankan pentingnya kekompakan sebagai satu tim. Ia mengibaratkan kerja kabinet seperti tim sepak bola, di mana setiap anggota memiliki peran berbeda, namun bekerja sebagai satu kesatuan. 

"Analoginya sebagai sebuah tim sepak bola, ada yang di depan, ada yang di belakang, ada yang di samping, tapi semua mensupport sebagai satu kesatuan," ujar Prasetyo Hadi.

Kegiatan retreat di Akademi Militer Magelang ini menegaskan pentingnya kebersamaan, disiplin, dan kesatuan visi di antara para menteri Kabinet Merah Putih. Dengan semangat baru ini, mereka diharapkan mampu membawa pemerintahan menuju pencapaian yang lebih solid dan efektif.


















 

Usai Senam dan Latihan Berbaris, Kabinet Merah Putih Nikmati Kudapan Pagi di Lapangan Akmil

Jajaran Kabinet Merah Putih kembali melanjutkan retreat di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (26/10/2024). Beberapa agenda bakal dilakukan pada hari kedua ini.

Sebagaimana dikutip dari keterangan pers Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, pada pagi hari Presiden Prabowo Subianto bersama jajaran Kabinet Merah Putih melakukan senam pagi.

Mereka tampak mengenakan seragam loreng khas TNI, seragam yang sering dipakai oleh anggota Komponen Cadangan (Komcad), memberi kesan disiplin dan kekompakan.

Kegiatan senam dimulai dengan sesi pemanasan yang dipimpin oleh instruktur dari Akademi Militer. Seluruh peserta, dari Presiden Prabowo hingga jajaran kabinet, mengikuti gerakan dengan penuh antusias, mencerminkan energi positif dan kebersamaan yang kuat.

Usai senam, kegiatan dilanjutkan dengan latihan baris berbaris sebagai simbol disiplin dan ketahanan. Meski dalam nuansa santai, kegiatan ini menjadi bagian dari upaya untuk membangun kebersamaan yang lebih erat. 

Instruktur dari TNI terlihat memberikan arahan dengan teliti, sementara para menteri mengikuti gerakan baris berbaris dengan penuh semangat.

Setelah seluruh rangkaian kegiatan selesai, para jajaran kabinet kemudian berkumpul untuk menikmati kudapan pagi bersama di lapangan. 

Di tengah kehangatan pagi Magelang, mereka juga tampak bercengkerama dan menikmati hidangan, menciptakan suasana yang santai namun penuh semangat kebersamaan.

Kegiatan ini tidak hanya menjadi momen kebugaran, tetapi juga mempererat rasa solidaritas dan kekompakan di antara jajaran Kabinet Merah Putih.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: