Pengamat: Didikan Prabowo Patut Dicontoh untuk Membangun Chemistry

Oleh: Panji Septo R
Minggu, 27 Oktober 2024 | 11:47 WIB
Menteri Kabinet Merah Putih saat mengikut pembekalan di Akmil Magelang. (Foto/Biro Pers)
Menteri Kabinet Merah Putih saat mengikut pembekalan di Akmil Magelang. (Foto/Biro Pers)

BeritaNasional.com -  Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie, menduga bahwa Presiden Prabowo Subianto berusaha untuk mengeluarkan para menterinya dari zona nyaman.

Jerry mengungkapkan bahwa Retret Kabinet Merah Putih yang diadakan di Akmil Magelang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian para menteri dibandingkan dengan masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Saya kira pola dan langkah seperti ini sangat tepat untuk membentuk jiwa para menteri yang terlalu dimanjakan Presiden Jokowi,” ujar Jerry kepada Beritanasional.com pada Minggu (27/10/2024).

Dia berpendapat bahwa pelatihan selama tiga hari tersebut diharapkan dapat mengeluarkan para menteri dari zona nyaman mereka.

“Didikan Prabowo patut dicontoh. Selain membangun chemistry, pelatihan itu juga membuat para pembantunya memahami arti perjuangan dalam hidup,” tuturnya.

Jerry meyakini bahwa pengalaman pelatihan yang mendalam ini akan meningkatkan kerja sama antara para menteri.

“Itu akan membangun tim yang solid agar ke depannya mereka bisa bekerja sama untuk mencapai tujuan yang lebih besar,” tambahnya.

Sebelumnya, Prabowo Subianto menegaskan bahwa agenda Retreat Kabinet Merah Putih di Magelang tidak bertujuan untuk bersifat militeristik.

Walaupun melibatkan latihan dan pengarahan kepada seluruh jajaran menteri dan wakil menteri, Prabowo menilai kegiatan ini ditujukan untuk menyelaraskan kedisiplinan dan kesetiaan kepada bangsa dan negara.

“Saya tidak bermaksud membuat Anda militeristik. Salah, bukan itu,” ujarnya.

Prabowo juga menambahkan bahwa banyak pemerintah dan perusahaan yang meniru pendekatan militer karena fokus pada kedisiplinan.

“Inti dari semua perusahaan adalah disiplin. Kedua, kesetiaan. Saya benar-benar minta agar Anda setia bukan kepada Prabowo, tetapi kepada bangsa dan negara Indonesia,” tegasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: