Iran Siap Bela Diri Tanpa Batas Usai Diserang Israel

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Minggu, 27 Oktober 2024 | 22:00 WIB
Iran siap membela diri dari serangan Israel (Foto/Tehran Times)
Iran siap membela diri dari serangan Israel (Foto/Tehran Times)

BeritaNasional.com - Usai Israel menyerang Iran, Uni Eropa langsung mendesak semua pihak untuk menahan diri sepenuhnya guna menghindari eskalasi tak terkendali di Timur Tengah

Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araghchi mengatakan, Iran siap membela diri setelah pesawat tempur Israel menyerang pangkalan militer dan fasilitas rudal di beberapa provinsi. Insiden itu menewaskan setidaknya dua tentaranya.

"Saya rasa kami telah menunjukkan bahwa kami bertekad untuk membela diri tanpa batas," kata Araghchi

Israel memperingatkan Iran akan membayar mahal jika membalas serangan tersebut. Amerika Serikat, Jerman, dan Inggris turut mendesak Teheran agar tidak memperburuk konflik.

Negara-negara lain, termasuk beberapa tetangga Iran, mengutuk serangan Israel. Beberapa negara lainnya, seperti Rusia, mendesak kedua pihak agar menahan diri dan menghindari apa yang disebut Moskow sebagai skenario bencana.

Teheran menegaskan, Iran  punya hak dan kewajiban untuk membela diri dari serangan Zionis Israel. Sekutunya di Lebanon, Hizbullah, mengklaim telah meluncurkan roket yang menargetkan lima wilayah permukiman di Israel utara.

Dikutip dari VOA, serangan Israel ke Iran mendapat kecaman dari Irak, Pakistan, Suriah, dan Arab Saudi. Mereka memperingatkan serangan Israel memicu bahaya eskalasi. 

Yordania menyatakan bahwa jet Israel tidak menggunakan wilayah udaranya. Turki, sebagai salah satu kritikus paling vokal, menyerukan diakhirinya "teror yang diciptakan oleh Israel".sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: