Banjir Demak Kian Surut, Jumlah Pengungsi Menurun

Oleh: Panji Septo R
Rabu, 27 Maret 2024 | 15:00 WIB
Ilustrasi banjir. (Foto/BNPB)
Ilustrasi banjir. (Foto/BNPB)

Indonesiaglobe.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut bencana banjir di Demak, Jawa Tengah berangsur surut. 

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, jumlah warga yang mengungsi juga kian menurun.

"Menurun seiring dengan kembalinya para pengungsi ke rumah masing-masing," ujar Muhari dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/3/2024).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Demak, terjadi pengurangan pengungsi dari jumlah sebelumnya 9.130 jiwa pada Senin (25/3/2024) menjadi 5.952 jiwa. 

"Sebaran para pengungsi yang masih bertahan kini di 36 titik di lima kecamatan, antara lain Kecamatan Karanganyar, Kecamatan Demak, Kecamatan Gajah, Kecamatan Mijen, dan Kecamatan Sayung," tuturnya.

Selain itu, dia juga menginformasikan soal jalur yang belum bisa diakses. Muhari menegaskan jalur pantura Demak-Kudus belum bisa dilalui hingga saat ini.

"Pemulihan jalur Demak-Kudus menjadi salah satu prioritas penanganan darurat mengingat jalur ini merupakan salah satu jalur utama mudik lebaran," kata dia.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: