Catat! Mulai 5 April Polisi Bakal Siapkan Skema One Way di Jalur Mudik

Oleh: Mufit
Senin, 01 April 2024 | 07:06 WIB
Sejumlah kendaraan melintas di jalan Tol Dalam Kota, Jakarta. (Indonesiaglobe/Oke Atmaja)
Sejumlah kendaraan melintas di jalan Tol Dalam Kota, Jakarta. (Indonesiaglobe/Oke Atmaja)

Indonesiaglobe.id - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya akan menyiapkan skema one way saat arus mudik lebaran 2024. Diharapkan, aturan ini bisa mengurai kepadatan kendaraan ketika arus mudik sedang berlangsung.

Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman, mengatakan, rekayasa lalu lintas ini mulai diberlakukan pada 5 April 2024, sejak pukul 00.00 WIB.

"Nanti akan saya sosialisasikan lagi, sehingga masyarakat tidak kecele kapan yang bisa masuk jalur tol. Dan nanti pasti ada pintu tol yang khususnya arah timur masuk ke Jakarta pasti ada pengalihan di arteri," kata Latif Usman.

Latif menekankan bahwa akan ada skema rekayasa lalu lintas one way pula pada saat terjadinya arus balik. 

Tak hanya itu, terkait jalan tol menuju arah Merak dan Banten, nantinya juga akan dilakukan koordinasi oleh pihaknya dengan petugas setempat ihwal penerapan skema one way ini. Hal ini demi mengantisipasi kemacetan.

"Khususnya ke arah Merak, nanti kita akan membantu dari Banten untuk mengatur istilahnya pengaturan arus di Merak, Banten untuk tidak terjadi penumpukan," tuturnya.

Selain itu, Latif meminta kepada masyarakat untuk memperhatikan kelayakan kendaraan, entah itu mereka yang menggunakan kendaraan pribadi ataupun para sopir angkutan umum.

"Harus cek betul rem, ban, spion, sen, apapun harus disiapkan lebih awal. Kalau roda empat adalah tol yang menjadi utama, jalur timur cikampek, informasi khususnya jalur Semper Cibitung, Cibitung Cimanggis sudah dibuka," terangnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: