Polda Metro Siapkan One Way di Jalur Mudik Mulai 5 April, Begini Skemanya

Oleh: Mufit
Minggu, 31 Maret 2024 | 20:30 WIB
Sejumlah kendaraan melintas di jalan Tol Dalam Kota, Jakarta. (Indonesiaglobe/Oke Atmaja)
Sejumlah kendaraan melintas di jalan Tol Dalam Kota, Jakarta. (Indonesiaglobe/Oke Atmaja)

Indonesiaglobe.id - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya akan menyiapkan skema one way saat arus mudik lebaran 2024. Rekayasa lalu lintas ini nantinya diterapkan kepada pemudik atau pengguna jalan menuju Jakarta.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman, mengatakan, rekayasa lalu lintas ini mulai diberlakukan pada 5 April 2024 pukul 00.00 WIB.

"Nanti akan saya sosialisasikan lagi, sehingga masyarakat tidak kecele kapan yang bisa masuk jalur tol. Dan nanti pasti ada pintu tol yang khususnya arah timur masuk ke Jakarta pasti ada pengalihan di arteri," kata Latif Usman kepada wartawan, Minggu (31/3/2024).

Lebih lanjut, Latif menekankan bahwa akan ada skema rekayasa lalu lintas one way pula pada saat terjadinya arus balik. 

Selain itu, terkait jalan tol menuju arah Merak dan Banten, juga akan dilakukan koordinasi oleh pihaknya dengan petugas setempat. Hal ini demi mengantisipasi kemacetan.

"Khususnya ke arah Merak, nanti kita akan membantu dari Banten untuk mengatur istilahnya pengaturan arus di Merak, Banten untuk tidak terjadi penumpukan," tuturnya.

Kemudian, Latif juga mengimbau kepada masyarakat untuk memperhatikan kelayakan kendaraan, entah itu mereka yang menggunakan kendaraan pribadi ataupun para sopir angkutan umum.

"Harus cek betul rem, ban, spion, sen, apapun harus disiapkan lebih awal. Kalau roda empat adalah tol yang menjadi utama, jalur timur cikampek, informasi khususnya jalur Semper Cibitung, Cibitung Cimanggis sudah dibuka," terangnya.

"Dan nanti juga kalau itu bisa kita gunakan berarti akan mengurangi beban yang ada di Cikunir, khususnya dari Depok, dari Bogor, lewatnya bisa langsung dari Cimanggis, lalu Cibitung," tambahnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: