Polisi Wanita Bakal Diturunkan untuk Bantu Urai Kemacetan saat Mudik Lebaran

Oleh: Mufit
Senin, 01 April 2024 | 19:37 WIB
Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan. (Foto/Korlantas Polri).
Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan. (Foto/Korlantas Polri).

Indonesiaglobe.id - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menerjunkan tim urai kemacetan yang terdiri dari personel kepolisian, antara lain polisi wanita (Polwan).

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan, sejumlah Polwan tersebut akan diterjunkan di beberapa titik ruas Jalan Tol di Jawa Barat yang berpotensi mengalami kemacetan pada saat mudik Lebaran Idul Fitri 2024.

"Tim urai dari Korlantas juga sudah membackup untuk kendaraan tim urai ini dari Jabar akan turunkan tim urai dari polwan," kata Aan kepada wartawan dalam keterangannya, Senin (1/4/2024).

Selain itu, Aan juga menyebut titik rawan kemacetan juga terdapat di Km 86 Cipali. Pihaknya telah menyiapkan beberapa rekayasa untuk mengantisipasi kemacetan di sejumlah tol tersebut.

"Kemudian di Km 87 Cipali, ini juga jadi bottleneck. Selain bottleneck, juga rest area jadi potensial perlambatan," ujarnya

Lebih lanjut, Aan memprediksi kemacetan juga akan terjadi di Tol Cimanggis dan Cibitung dan jalur arteri Pantura. Menurut dia, sejumlah tol tersebut akan menjadi titik kemacetan yang krusial.

"Arteri sendiri ada beberapa titik krusial, baik di Pantura, di Selatan ini yang jadi perhatian di Gentong, Limbangan, sampai ke Tasik," ucapnya.

Guna mengatasi kemacetan, pihaknya telah mempersiapkan beberapa skema, antara lain pengalihan arus, penutupan sementara pada puncak arus, serta contraflow atau one way sepenggal di jalur Selatan.

"Di Pantura juga sama demikian ada lintasan sebidang, ini juga akan dikelola dengan baik," tutur Aan.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: