PKB Bantah Wacana Usung Cak Imin di Pilgub Jatim

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 06 April 2024 | 23:20 WIB
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. (Foto: DPR RI)
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. (Foto: DPR RI)

BeritaNasional.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membantah peluang ketua umumnya, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, maju di Pilgub Jawa Timur 2024. 

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menegaskan tidak ada pembicaraan di internal untuk mendorong Cak Imin menjadi calon gubernur Jawa Timur.

"Sampai hari ini, enggak ada pembahasan Gus Muhaimin, Gus Muhaimin ada tempat yang lebih mulia daripada gubernur Jatim," ujar Jazilul di Kantor DPP PKB, Jakarta, Sabtu (6/4/2024).

Jazilul mengatakan, di Jawa Timur, tengah disiapkan sosok yang bakal mampu menghadapi petahana Khofifah Indar Parawansa.

"Sedang digodok. Sebab, di Jatim memang tidak mudah untuk menyebut nama karena kita sudah tahu siapa lawannya," ujarnya.

"Makanya, kami sembunyikan dulu milik kita nanti kita lihat sambil jalan, siapa yang paling layak untuk kompetisi," sambung wakil ketua MPR RI ini.

PKB juga tidak ada niat mengusung Cak Imin menjadi calon gubernur Jakarta. PKB sudah punya nama kuat, salah satunya Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah yang juga wakil ketua umum PKB.

"DKI (Jakarta) juga begitu, ada Bu Ida Fauziyah, ada macam-macam," ujar Jazilul.

Sementara itu, PKB belum ada rencana pasti bakal berkoalisi dengan NasDem dan PKS yang tergabung di Koalisi Perubahan untuk Pilkada 2024. 

Sebab secara teknis koalisi di pilkada lebih rumit daripada koalisi di tingkat nasional.

"Jadi karena apa? kadang satu kursi menentukan komposisi kelengkapan seseorang itu ngaji atau tidak jadi sangat teknis, tapi PKB akan tetap mengawal ide perubahan, bukan koalisi perubahan ya, ide perubahan agar kebijakan negara yang lebih memperhatikan rakyat, memprioritaskan rakyat itu sampai ke daerah jadi visi daerah," jelas Jazilul.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: