Tips Nyaman dan Hemat saat Mudik Lebaran 2024, Nomor 4 Wajib Perhatikan

Oleh: Tim Redaksi
Minggu, 07 April 2024 | 22:45 WIB
Ilustrasi mudik. (Foto/Freepik)
Ilustrasi mudik. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Di penghujung bulan Ramadhan, mudik ke kampung halaman jadi momen yang paling banyak ditunggu orang, terutama para pekerja. 

Tradisi mudik ke kampung halaman ini biasanya dilakukan agar bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga besar. 

Nah, untuk memastikan kelancaran beraktivitas selama momen libur lebaran ini, penting rasanya untuk mengatur keuangan Anda agar tetap aman, baik sebelum, saat, dan sesudah momen perayaan lebaran. 

Hal ini tentu agar Anda bisa tetap mudik dengan nyaman dan merayakan lebaran penuh dengan kegembiraan bersama sanak keluarga dimanapun berada. 

Yuk, simak tips kelola dana mudik lebaran anti boncos dan bikin lebaran jadi nyaman berikut ini, seperti dikutip dari BCA Digital, Minggu (7/4/2024).

1. Manfatkan promo 

Tradisi mudik di Indonesia biasanya berjalan mulai H-7 hingga menjelang hari raya. Masyarakat biasanya menggunakan berbagai moda transportasi untuk mudik, mulai dari pesawat, kapal laut, kereta, bus sampai kendaraan pribadi. 

Kalau Anda memilih untuk menggunakan transportasi umum, menggunakan layanan dari online travel agent bisa jadi salah satu pilihan praktis untuk membeli tiket berbagai moda transportasi. 

Jangan lupa, cek juga berbagai promo yang sedang berjalan dan ditawarkan.

2. Pastikan saldo e-money terisi penuh

Buat Anda yang memilih untuk menggunakan kendaraan atau mobil pribadi untuk mudik, kartu pembayaran gerbang toll jadi item wajib yang harus disiapkan agar perjalanan berjalan lancar. 

Biar nggak panik kehabisan saldo dan membuat antrian mengular saat berada di gerbang toll, Anda harus pastikan kalau saldo sudah terpenuhi sampai kota tujuan.

Dan kini enggak butuh lagi isi ulang melalui minimarket, Anda bisa isi saldo sendiri melalui ponsel yang memiliki fitur NFC.

3. Siapkan alternatif pembayaran

Terakhir Anda bisa siapkan beberapa alternatif metode pembayaran agar belanja jadi nyaman.

Ini penting untuk Anda yang selalu cashless, ataupun yang khawatir untuk membawa uang tunai dalam jumlah besar.

Di sini selain menyediakan uang cash, Anda juga bisa gunakan kartu debit maupun QRIS sebagai alternatif pembayaran yang nyaman dan praktis.

4. Alokasi dana itu penting

Terakhir selain menjadi momen untuk saling memaafkan, lebaran juga biasanya menjadi momen untuk berbagi kebahagiaan melalui pembagian hadiah lebaran atau THR kepada adik-adik, keponakan dan saudara dekat. 

Besaran dana THR ini juga perlu Anda atur agar arus keluar keuangan Anda dapat terjaga, dan tetap sesuai dengan kemampuan.
 sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: