Kapolri Sebut Perjalanan Mudik Jakarta-Jateng Tahun Ini Hanya 6 Jam

Oleh: Tarmizi Hamdi
Selasa, 09 April 2024 | 12:00 WIB
Kondisi arus mudik di GT Cikampek. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
Kondisi arus mudik di GT Cikampek. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan ada pengurangan waktu perjalanan yang ditempuh pemudik dari Jakarta menuju Jawa Tengah via jalan tol.

“Terjadi peningkatan kecepatan untuk pencapaian mulai start sampai Jawa Tengah yang biasanya 8 jam, kali ini menjadi 6, 7 jam. Jadi, ada perbaikan,” kata Kapolri di Km 70 Tol Jakarta-Cikampek (Japek) yang dikutip pada Selasa (9/4).

Jenderal Sigit menjelaskan pelaksanaan arus mudik Lebaran tahun ini berjalan baik. Pria berusia 54 tahun itu menyebutkan puncak arus mudik tahun ini terjadi di H-4 Lebaran.

“Untuk puncak arus mudik bisa terlampaui dengan baik. Jadi kalau di tahun 2023 itu di H-3, kalau ini bergeser di H-4 dengan tingkat arus mudiknya yang turun dan ini tersebar di hari-hari sebelumnya,” jelasnya.

Kapolri mengatakan manajemen lalu lintas di arus mudik Lebaran tahun ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Pihaknya juga telah memiliki rumusan untuk menghadapi arus mudik di Lebaran tahun depan hingga arus balik di Lebaran tahun ini.

“Secara manajemen, ini sudah bagus dengan membandingkan tahun 2023 dengan 2024. Maka, didapatkan satu rumusan untuk menghadapi arus mudik nanti di 2025,” terangnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: