Lebaran 2024

Menikmati Lenggangnya Jalanan Jakarta saat Libur Lebaran

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 09 April 2024 | 13:25 WIB
Situasi jalanan Jakarta saat libur Lebaran. (BeritaNasional/Ahda Bayhaqi).
Situasi jalanan Jakarta saat libur Lebaran. (BeritaNasional/Ahda Bayhaqi).

BeritaNasional.com - Jalanan Jakarta terasa sangat lengang H-1 lebaran atau Selasa (9/4/2024). Suasana jalanan tidak lagi dipadati kendaraan bermotor karena banyak warga Jakarta sudah mulai mudik ke kampung halamannya.

Salah satu warga Jakarta bernama Vincent merasakan perbedaannya. Pekerja swasta di kawasan Kuningan ini masih harus berkantor meski sudah memasuki hari-hari cuti bersama Hari Raya Lebaran.

Ia mengaku sangat senang dengan kondisi jalanan Jakarta yang kosong. Karena waktu tempuh dari rumahnya di kawasan Pantai Indah Kapuk ke Kuningan bisa hanya 30 menit saja.

Biasanya, Vincent mengaku harus menempuh satu jam meski sudah melalui jalan tol dalam kota. Jalanan menuju kantornya biasanya padat merayap.

"Waktu di jalan berkurang setengah jam dari biasa satu  jam," ujarnya saat berbincang, Selasa (9/4/202).

Vincent mengaku bahagia dengan kondisi jalanan Jakarta yang kosong. Ia berandai-andai hidupnya lebih ringan bila jalanan Jakarta bisa lengang pada hari-hari biasa.

"Seandainya tiap hari begini," katanya.

Situasi jalanan Jakarta. (BeritNasional/Ahda Bayhaqi).

Hal sama juga dirasakan oleh Gebi. Ia biasanya harus menempuh kurang lebih setengah jam dari kosannya di Manggarai menuju kantornya di kawasan Tanah Abang. 

Sepanjang jalur dari Menteng, Bundaran HI, sampai Tanah Abang terlihat sangat kosong. Sedikit jumlah kendaraan yang melintas. Bahkan, bundaran HI yang biasanya terpantau padat, kini orang sangat nyaman menyeberang lantaran jalanan yang kosong.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: