Ketua Bawaslu Mudik Dekat: Biar Bisa Langsung ke Jakarta Kalau Ada Apa-apa

Oleh: Panji Septo R
Rabu, 10 April 2024 | 18:00 WIB
Ilustrasi mudik Lebaran (Beritanasional/Elvis)
Ilustrasi mudik Lebaran (Beritanasional/Elvis)

BeritaNasional.com - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja tak bisa tenang dalam momen Idul Fitri 1445 Hijriah karena harus mempersiapkan kesimpulan untuk disampaikan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Ia mengaku memilih destinasi mudik terdekat agar bisa segera kembali ke Jakarta apabila ada masalah yang menyangkut tugasnya sebagai pengawas pemilu.

“Pulang kampung ke Kuningan, Jawa Barat. Yang dekat-dekat aja, kalau dipanggil karena ada apa-apa bisa langsung ke sini,” ujar Bagja sambil tertawa di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2024).

Ia mengatakan, Bawaslu sedang bersiap-siap dengan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang akan digelar di MK pada Selasa (16/4/2024).

“Walaupun kita pakai zoom untuk menyiapkan kesimpulan dalam hasil sengketa pilpres, tanggal 15 atau 16 harus disampaikan ke MK,” tuturnya.

Ia mengaku tak bisa beristirahat dengan tenang lantaran waktu yang ia miliki untuk membuat kesimpulan tersebut teramat sempit.

Bagja mengatakan, Bawaslu akan berkoordinasi dengan seluruh pimpinan untuk menyiapkan jawaban-jawaban terhadap seluruh proses sengketa hasil Pilpres 2024.

“Untuk meyakinkan hakim MK bahwa Bawaslu telah menjalankan tugasnya. Walaupun pasti ada kelemahaan tapi itu akan menjadi perbaikan ke depan,” kata dia. sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: