Lebaran 2024

Pelabuhan Panjang-Ciwandan Siap Dioperasikan Antisipasi Arus Balik Bakauheni-Merak

Oleh: Tarmizi Hamdi
Jumat, 12 April 2024 | 14:00 WIB
Pelabuhan Merak, Banten. (Foto/ASDP).
Pelabuhan Merak, Banten. (Foto/ASDP).

BeritaNasional.com -  Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan bakal mengoperasikan Pelabuhan Panjang-Ciwandan untuk membantu mengurai kepadatan pada lintasan Bakauheni-Merak.

Hal tersebut dilakukan untuk menjamin keamanan, keselamatan, dan kelancaran pelaksanaan angkutan penyeberangan pada periode arus balik angkutan Lebaran 2024.

Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan Lilik Handoyo menyampaikan pihaknya berkoordinasi dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk mengoperasikan KMP. Panorama Nusantara, KMP. ALS Elvina, dan KMP Amadea pada lintas Panjang–Ciwandan.

"Kami telah meminta PT ASDP mengoperasikan tiga kapal penyeberangan di lintas Panjang-Ciwandan. Pelayanan masing-masing kapal 1 trip per hari dan beroperasi mulai 12-18 April 2024," ungkapnya yang dikutip dari Humas Ditjen Hubdat pada Jumat (12/4).

Lilik menuturkan pelayanan pada lintas Panjang–Ciwandan diperuntukkan bagi sepeda motor dan kendaraan kecil dengan dilakukan pembatasan kuota. Pembelian tiket dilakukan melalui aplikasi Ferizy secara online.

"Penjadwalan kapal tetap dilakukan oleh Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) dengan berkoordinasi dengan KSOP untuk pelaksanaan pengoperasian," ujarnya.

Lintasan Merak-Bakauheni dan sebaliknya akan diutamakan pengoperasian kapal-kapal besar sehingga bisa lebih banyak mengangkut para pemudik pada arus balik.

Sama seperti saat arus mudik, akan dilakukan juga Delaying System dan Buffer Zone untuk dilakukan screening kepada pengguna jasa yang belum memiliki tiket dan muatan.

"Sementara itu, tiket penyeberangan untuk kendaraan golongan VII, VIII dan IX tetap tidak dilayani di sistem eticketing aplikasi Ferizy, namun dialihkan melalui pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) Muara Pilu," pungkasnya.

Dia berharap dengan adanya pengaturan tersebut dapat mengurangi kepadatan dan memperlancar arus lalu lintas menuju Pelabuhan di momen arus balik.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: