Arus Balik Lebaran 2024, Polisi Siapkan Mobil Patroli Setiap 30 Menit di Jalur Contraflow

Oleh: Mufit
Sabtu, 13 April 2024 | 21:45 WIB
Arus balik lebaran tol Jakarta terapkan sistem contraflow. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
Arus balik lebaran tol Jakarta terapkan sistem contraflow. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com -  Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan mengerahkan mobil patroli setiap 30 menit untuk menjaga kendaraan di jalur contraflow guna memantau arus balik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Setiap 30 menit itu akan dikawal, akan didahului oleh kendaraan yang mempertahankan atau mengendalikan kecepatan. Jadi tak lebih dari 60 km/jam," kata Kakorlantas Polri, Irjen Aan Suhanan, Sabtu (13/4/2024).

Selain itu, kata Aan, pembatas jalur contraflow disusun lebih rapat dibanding sebelumnya. Ia menyebut jarak pembatas dipasang tiap 10 meter.

Polisi juga sudah menyiapkan petugas untuk memberikan pertolongan cepat terhadap kendaraan yang bermasalah mulai dari mogok hingga kecelakaan.

"Kemudian tiap dobrakan atau button, itu akan ditempatkan anggota itu memberikan isyarat untuk memperlambat kecepatan," jelasnya.

Aan tetap mengimbau seluruh masyarakat yang akan melaksanakan perjalanan balik agar tetap menjaga kondisi fisik saat berkendara. Warga diminta beristirahat jika sudah terlalu lelah.

Aan memprediksi puncak arus balik akan  terjadi pada Minggu (14/4/2024) dan Senin (15/4). Dia mengatakan, tanggal tersebut sebagian masyarakat akan kembali ke Jakarta.

"(Puncak arus balik) Minggu 14 April dan Senin 15 April," tuturnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: