Lebaran 2024

Antisipasi Kecelakaan Arus Balik Lebaran 2024, Polisi Sarankan Masyarakat Gunakan Travel Resmi

Oleh: Mufit
Sabtu, 13 April 2024 | 22:30 WIB
Ilustrasi kecelakaan lalu lintas. (Foto/Dirlantas Polda Metro)
Ilustrasi kecelakaan lalu lintas. (Foto/Dirlantas Polda Metro)

BeritaNasional.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyarankan masyarakat yang akan melaksanakan perjalanan arus balik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah untuk menggunakan layanan travel resmi.

Hal tersebut disampaikan langsung Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan buntut kecelakaan maut yang terjadi saat contraflow di Km 58 Tol Jakarta-Cikampek.

"Kalau menaiki angkutan umum, Pastikan angkutan umum yang resmi, ya. Biar terjamin kendaraannya sehat dan sebagainya," kata Aan kepada wartawan, Sabtu (13/4/2024).

Aan juga meminta kepada pihak penyedia jasa angkutan umum seperti bus maupun travel agar menyiapkan sopir pengganti. Sehingga pengemudi bisa bergantian dan tidak kelelahan saat berkendara jarak jauh selama arus balik Lebaran 2024.

"Ini teman-teman para pengusaha bus, travel, harus ada sopir cadangan sehingga keselamatan ini bisa tetap kita jamin ya," tuturnya.

Aan mengingatkan para sopir bus maupun travel bekerja secara bergantian maksimal setiap delapan jam. Selain itu, tambah dia, seluruh pengemudi baik umum maupun pribadi juga tidak boleh menyetir lebih dari empat jam.

Dia meminta kepada seluruh pengendara istirahat setelah empat jam berkendara minimal 30 menit. Sehingga diharapkan kondisi kembali prima dan menekan resiko kecelakaan.

"Belajar dari beberapa kejadian yang kemarin, di KM 58 ataupun di KM 370, ini semuanya karena kelelahan. Ini sangat fatal akibatnya kalau kita sudah lelah tetap memaksa untuk berkendara," terangnya.

 sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: