Dishub Tutup Permanen Putaran Balik Citywalk

Oleh: Lydia Fransisca
Rabu, 17 April 2024 | 15:35 WIB
Putaran balik Citywalk Ditutup. (Foto/Oke Atmaja)
Putaran balik Citywalk Ditutup. (Foto/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, resmi menutup putaran balik Citywalk di Jalan KH Mas Mansyur-Habib Usman Mufti, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Untuk pentupan putaran balik di Citywalk cukup efektif. Kita perpanjang otomatis berdasarkan hasil evaluasi penutupannya, ditutup seterusnya, demikian halnya untuk penutupan dipermanenkan," kata Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan, Rabu (17/4/2024).

Syafrin berujar, penutupan tersebut efektif untuk menyelesaikan masalah penyempitan jalan atau bottleneck di sana.

"Itu kan dalam rangka memberi ruang akses dari arah barat ke timur yang nantinya akan berputar di kolong. Jadi di sana biasanya terjadi bottle neck, oleh sebab itu ditambah lajurnya (sebanyak) satu lajur sehingga cukup untuk kendaraan bermanuver dan masuk layanan putaran balik," jelas Syafrin.

"Tentu kami imbau masyarakat jika ingin berputar dari barat ke timur maupun sebaliknya. Gunakan kolong flyover yang ada," tambahnya.

Sebagai informasi, alternatif putaran yang dapat dilalui oleh kendaraan dari arah Casablanca yang akan ke Sudirman dapat menggunakan putaran Timur-Timur di depan Apartemen Cassadomaine sejauh kurang lebih 600 meter dari putaran eksisting.

Sedangkan, kendaraan dari arah Tanah Abang yang akan ke Penjernihan dapat menggunakan putaran Barat-Barat di depan Intiland sejauh kurang lebih 500 meter.

Lalu, kendaraan yang akan menuju ke Senayan dapat menggunakan putaran Barat-Barat di depan Wihara Amurva Bhumi sejauh kurang lebih satu kilometer dari putaran eksisting.

Selanjutnya, diterapkan one way atau sistem satu arah (SSA) di Jalan Karet Pasar Baru Timur 1 ke arah Sudirman. 

Lalu lintas dari Jalan Karet Pasar Baru Timur 2 yang akan menuju ke Jalan Habib Usman Mufti dapat menerus di Jalan Karet Pasar Baru Timur 2-belok kiri ke Jalan RM Margono Djodjohadikoesoemo-belok kiri ke Jalan Habib Usman Mufti - Jalan KH Mas Mansyur.

Terakhir, terdapat pembatas berupa movable concrete barrier (MCB) pada frontage jalan layang nontol (JLNT) arah ke Casablanca. Lalu lintas dari Kawasan Sahid yang akan menuju ke JLNT Casablanca dapat melalui Jalan Karet Pasar Timur 5.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: