Koalisi dan Oposisi Sama Pentingnya Bagi Prabowo-Gibran

Oleh: Panji Septo R
Senin, 22 April 2024 | 17:09 WIB
Prabowo-Gibran menang Pilpres 2024 (Foto/Inst Prabowo)
Prabowo-Gibran menang Pilpres 2024 (Foto/Inst Prabowo)

BeritaNasional.com - Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menilai oposisi dan koalisi dalam pemerintahan Prabowo-Gibran sama pentingnya. Menurutnya, kedua pilihan tersebut sama-sama ingin membangun Indonesia.

"Kalau koalisi sama-sama dengan kami bangun bangsa dari dalam, kalau oposisi sama pentingnya untuk ngontrol efektifitas jalannya pemerintahan (dari luar)," ujar Muzani di media center TKN di Jalan Sriwijaya Nomor 16, Jakarta Selatan, Senin (22/4/2024).

Menurut Muzani, istilah oposisi dalam sistem presidensial justru tidak tepat. Ia menganggap oposisi dan koalisi hanya berbeda penempatan saja.

"Dalam sistem presidensial istilah oposisi tidak terlalu tepat. Karena oposisi lebih dikenal sistem parlementer. Itu soal penempatan saja, di dalam disebut koalisi di luar disebut oposisi," tuturnya.

Ia juga mengatakan, keduanya sangat penting untuk pemerintahan Prabowo-Gibran. Dirinya mempersilahkan pilihan partai-partai yang hendak menjadi oposisi.

"Meski diluar pemerintah juga disetujui partai-partai yang berada di pemerintahan. Karena itu, bagi kami oposisi dan koalisi sama bagi kepentingan Indonesia," kata dia.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: