Piala Asia U-23 2024

Senang Bisa Kalahkan Korea Selatan, Shin Tae-yong: Tetapi Ada Rasa Berat

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Jumat, 26 April 2024 | 11:25 WIB
Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong. (Foto/PSSI).
Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong. (Foto/PSSI).

BeritaNasional.com - Tim U-23 Indonesia kembali mengukir sejarah dengan lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 setelah menyingkirkan Korea Selatan (Korsel) U-23. Garuda Muda menang 11-10 (2-2) lewat babak adu penalti.

Seusai pertandingan, Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong mengungkapkan dirinya sangat senang dan bahagia karena bisa mengalahkan Timnas negara kelahirannya. Di sisi lain, dia merasa sedih juga karena harus menyingkirkan Korea Selatan dari ajang tersebut.

“Saya sangat senang dan bahagia, tetapi di sisi lain, ini sangat menyedihkan dan sulit. Pemenangnya harus ditentukan, dan sekarang saya bertanggung jawab atas tim Indonesia. Saya harus melakukan yang terbaik untuk Indonesia," kata Shin Tae-yong sesuai laga sebagaimana dilansir dari laman PSSI, Jumat (26/4/2024).

Shin Tae-yong, mengakui hasil ini meningkatkan kepercayaan diri Rizky Ridho dan kawan-kawan. Menurut juru taktik berusia 53 tahun itu, target ke final pun kini menjadi hal yang mungkin dicapai timnas Indonesia U-23.

"Saya tidak bisa mengatakan bahwa kami tak bisa memenangkan kejuaraan. Jelas, kami bisa mencapai final. Hal itu memberi kami kepercayaan diri dan kami mampu mencapai empat besar," tambahnya.

Selanjutnya, Indonesia akan melawan Uzbekistan atau Arab Saudi pada semifinal Piala Asia U23 2024 yang berlangsung Senin (29/4/2024) mendatang. Asa untuk meraih tiket olimpiade Paris 2024 semakin terbuka bagi Indonesia.

Sebab juara, runner-up, dan peringkat tiga Piala Asia U-23 mendapatkan tiket otomatis ke Olimpiade. Sementara itu, tim peringkat empat akan bertanding dengan wakil dari Afrika, Guinea.
 sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: