NasDem Prioritaskan Anies Baswedan sebagai Bakal Calon Gubernur Jakarta

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 27 April 2024 | 12:35 WIB
Ketua Umum NasDem Surya Paloh. (BeritaNasional/Elvis Sendouw
Ketua Umum NasDem Surya Paloh. (BeritaNasional/Elvis Sendouw

BeritaNasional.com - Partai NasDem akan memprioritaskan mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur Jakarta.

Namun, NasDem masih menunggu kesediaan Anies maju sebagai calon gubernur Jakarta untuk periode keduanya.

Ketua Umum NasDem Surya Paloh mengatakan peluang untuk mengusung Anies masih terbuka. NasDem akan melakukan kajian lebih jauh.

"Probability ke arah itu masih ada saja, kita perlu pengkajian," kata Surya di kantor DPP PKS, Jakarta, Sabtu (27/4/2024).

Ketua DPP NasDem Willy Aditya menegaskan untuk saat ini prioritas utama NasDem untuk Pilgub Jakarta adalah mengusung Anies. 

Di samping, ada sejumlah nama alternatif seperti Ahmad Sahroni dan Wibi Andrino.

"Ya prioritas, Mas Anies, top priority. Yang kedua ada Ahmad Sahroni, ada Wibi Andrino habis itu yang lain-lain kita lihat nanti," kata Willy di kantor DPP PKS, Jakarta, Sabtu (27/4/2024).

NasDem masih menunggu apakah Anies bersedia menjadi calon gubernur. NasDem tidak menetapkan batas waktu kepada Anies untuk menjawab tawaran Surya Paloh itu.

NasDem memahami bahwa Anies membutuhkan waktu untuk mendalami tawaran kembali menjadi gubernur Jakarta usai Pilpres 2024.

"Kita tunggu lah seperti apa yang disampaikan Pak Surya kemarin, mungkin Mas Anies butuh waktu untuk mendalami itu melihat situasi," kata Willy.

"Jadi, apa pun keputusan Mas Anies kami support karena beliau adalah aset politik di dalam baik Jakarta maupun nasional. Kita tunggu lah bagaimana sikap Mas Anies sendiri," jelasnya.

Willy mengakui wacana mengusung Anies sudah dibahas bersama PKS dan PKB. Nanti bakal ada duduk bersama tiga partai untuk membahas hal ini.

"PKS juga punya nama PKB juga punya nama. Nanti kita duduk bareng lah. jadi, untuk hal itu, secara dialektis toh spirit untuk menang itu penting di sini kan DKI, PKS pemenang, NasDem wakil ketua naik signifikan, itu menjadi modal politik yang sangat kuat untuk bagaimana melanjutkan kerjasama itu di DKI Jakarta," kata Willy.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: