Dubes India: Masuknya Perusahaan-perusahaan Baru dan Pemikiran Muda Memperkuat Pengembangan Industri Pertahanan

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Selasa, 30 April 2024 | 12:31 WIB
Dubes India  Sandeep Chakravorty (Beritanasional/Meta)
Dubes India Sandeep Chakravorty (Beritanasional/Meta)

BeritaNasional.com - Dubes India Sandeep Chakravorty mengatakan, India punya salah satu ekosistem startup terbesar. Saat ini, semakin banyak startup yang merambah ke sektor teknologi dan pertahanan. Tren ini menggarisbawahi meningkatnya sinergi antara inovasi dan prioritas keamanan nasional. 

Startup ini tidak hanya berkontribusi terhadap kemampuan dalam negeri namun juga meningkatkan posisi India sebagai pemain global dalam inovasi pertahanan. Inti dari visi ini adalah inisiatif Inovasi untuk Keunggulan Pertahanan (iDEX), yang memelihara ekosistem inovasi pertahanan yang dinamis untuk meningkatkan kemandirian India dalam teknologi pertahanan. iDEX menjembatani kesenjangan antara pejuang perang dan ekosistem startup. 

Sandeep menambahkan, masuknya perusahaan-perusahaan baru dan pemikiran muda juga telah memperkuat budaya penelitian dan pengembangan di Industri Pertahanan India, dengan peningkatan pengeluaran untuk penelitian dan pengembangan, sehingga menghasilkan ribuan paten oleh perusahaan-perusahaan pertahanan dalam beberapa tahun terakhir.

"Industri pertahanan India saat ini berkembang pesat di bawah seruan tegas inisiatif ‘Make in India – Make for the World’. Kinerja dan pesanan perusahaan-perusahaan Pertahanan India berada pada titik tertinggi. Perusahaan-perusahaan pertahanan India telah mencapai rekor ekspor sebesar US$ 2,63 miliar pada tahun keuangan terakhir dan India siap menjadi salah satu eksportir pertahanan terkemuka pada tahun 2030," terang Sandeep, Selasa (30/4/2024).


Ia yakin, lembaga pertahanan Indonesia dapat mengambil manfaat dari pengalaman dan keberhasilan negara maritim tetangganya. "Kami menyadari bahwa Indonesia juga ingin membangun industri pertahanannya sendiri. Kami ingin berbagi pengalaman dalam upaya ini. Pengalaman inilah yang ingin kami bagikan kepada Anda hari ini dan bermitra dengan Anda untuk kolaborasi jangka panjang di sektor Pertahanan," ujar Sandeep.

Kerja sama itu, lanjutnya, baik platform besar dan menonjol seperti kapal, kapal selam, pesawat terbang, kendaraan lapis baja, dan satelit. Namun juga di bidang metalurgi, hidrolika, pneumatik, AI, amunisi, dunia maya, dan keseluruhan desain, penelitian dan pengembangan, serta ekosistem start-up yang menarik.

"Kami  juga telah melihat beberapa teknologi ini dimanfaatkan secara ganda untuk keperluan sipil, seperti  komunikasi/pemosisian satelit, solusi siber, dan drone," kata Sandeep.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: