BNPB Bantu PVMBG untuk Pasang Alat Pendeteksi Aktivitas Gunung Ruang

Oleh: Panji Septo R
Kamis, 02 Mei 2024 | 15:43 WIB
Erupsi gunung Ruang. (Foto/BNPB).
Erupsi gunung Ruang. (Foto/BNPB).

BeritaNasional.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto bakal membantu Pusat Vulkanologi Bencana dan Mitigasi Geologi (PVMBG) memasang alat untuk mendeteksi aktivitas Gunung Ruang.

Dalam rapat koordinasi penanganan bencana erupsi Gunung Ruang, Suharyanto mengagatakan alat tersebut akan dipasang agar semua pihak bisa melakukan reaksi cepat tanggap dalam penanggulangan bencana.

"Ada beberapa alat yang harus kami persiapkan. Untuk pemasangan rambu itu keinginan Pak Kepala PVMBG Hendra Gunawan. Karena kalau tidak dipasang kita semua buta apa yang terjadi di ruang kita tidak bisa memprediksi," ujar Suharyanto di Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Kamis (2/5/2024).

Mengutip paparan Hendra, Suharyanto mengatakan Gunung Ruang memiliki catatan aktivitas cepat dalam satu hari. Dia berharap alat pendeteksi tersebut membantu eskalasi penanggulangan erupsi.

"Bahkan sejak 2002 gunung ini diem aja begitu 22 tahun muncul dan cepat sekali reaksinya dari mulai tahap 2 ke 4 nya cepat sekali. Mudah-mudahan dengan alat itu kita bisa mengetahui eskalasinya bisa kita ketahui sejak awal," tuturnya.

Selain memasang alat pendeteksi, BNPB juga sudah melakukan penanggulangan dengan menutup 7 bandara karena Gunung Ruang erupsi.

"Sekarang sudah dilakukan penutupan 7 bandara, yakni Sam Ratulangi, Djalaludin Gorontalo, Naha, Siau, Lolak, Miangas, dan Melonguane," kata dia.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: