Batu Sebesar Kepalan Tangan Terlempar Sampai 6 Km saat Gunung Ruang Erupsi

Oleh: Panji Septo R
Kamis, 02 Mei 2024 | 15:07 WIB
Ilustrasi gunung meletus (Foto/PVMBG)
Ilustrasi gunung meletus (Foto/PVMBG)

BeritaNasional.com - Kepala Pusat Vulkanologi Bencana dan Mitigasi Geologi (PVMBG) Hendra Gunawan mengungkap soal bebatuan terlempar sejauh 6 Kilometer saat Gunung Ruang erupsi.

Dalam rapat koordinasi penanganan bencana erupsi Gunung Ruang, Hendra mengatakan, erupsi gunung yang berlokasi di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara itu tergolong besar.

"Batu sekepalan tangan itu ditemukan saat erupsi tanggal 30 april. Betapa berbahanya karena itu panas, itu ditemukan di Tagulandang," ujar di Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Kamis (2/5/2024).

Ia mengakui keliru dengan prediksi aktivitas Gunung Ruang yang dia anggap butuh waktu lama untuk bereaksi usai erupsi. Oleh sebab itu, dirinya memperlebar status awas menjadi 7 Kilomeger.
 
"Areanya (berstatus awas) kami perluas dari 6 jadi 7 Kilometer. Ini ke depannya perlu ada kesiapsiagaan semua pihak, terutama masyarakat yang tinggal tak jauh dari sana jika ada hal seperti ini lagi," tuturnya.

Dikutip dari Antara, ia meminta bantuan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto guna memasang peralatan rambu-rambu untuk mengecek reaksi Gunung Ruang.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: