Australia Siapkan Dana untuk Bantu Perempuan Korban KDRT

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 03 Mei 2024 | 16:00 WIB
Ilustrasi kena KDRT (Foto/Pixabay)
Ilustrasi kena KDRT (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - PM Australia Anthony Albanese  mengumumkan pendanaan baru untuk membantu perempuan menghindari kekerasan dalam rumah tangga dan untuk menindak konten online yang menyematkan anggapan buruk pada perempuan (misoginis). Langkah ini merupakan reaksi terhadap peningkatan kasus-kasus pembunuhan yang dilakukan oleh pasangan atau mantan pasangan lelaki mereka. 

Albanese mengatakan, peningkatan kasus ini sebagai krisis nasional. Ia mengumumkan pemerintahnya akan menyediakan $599 juta selama lima tahun untuk memberi dukungan finansial bagi perempuan dan anak-anak yang melarikan diri dari kekerasan.

Albanese mengatakan, “Ini memang krisis nasional dan ini adalah tantangan nasional. Kita hadapi ini dengan semangat persatuan nasional. Hari ini adalah tentang siapa kita sebagai bangsa dan masyarakat. Kami akui bahwa pemerintah perlu bertindak, tetapi kami akui juga bahwa ini adalah masalah bagi seluruh masyarakat, bukan hanya bagi pemerintah.”

Dikutip dari VOA Jumat (3/5/2024), ia mengajak seluruh kalangan untuk bekerja sama demi kepentingan nasional dalam menghadapi momok kekerasan terhadap perempuan yang dampaknya nyata. Ia mengingatkan, di negara itu, setiap empat hari sekali ada seorang perempuan yang kehilangan nyawa di tangan pasangan atau mantan pasangan dalam rumah tangan mereka.

Sebelumnya puluhan ribu demonstran berunjuk rasa di berbagai kota di Australia pada akhir pekan lalu akibat 27 perempuan tewas karena kekerasan sepanjang tahun ini. Mereka diduga jadi korban KDRT.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: