Semifinal Uber Cup 2024, Indonesia Jumpa Korea, China Kontra Jepang

Oleh: Tarmizi Hamdi
Jumat, 03 Mei 2024 | 23:00 WIB
Tunggal putri Indonesia Ester Nurumi Tri Wardoyo. (Foto/PBSI)
Tunggal putri Indonesia Ester Nurumi Tri Wardoyo. (Foto/PBSI)

BeritaNasional.com - Tim bulu tangkis putri Indonesia memastikan diri menembus semifinal Uber Cup 2024 setelah membantai Thailand dengan skor 3-0 dalam pertandingan perempat final yang digelar di Chengdu High-tech Zone Sport Center Gymnasium, Chengdu, China, pada Jumat (3/5) pagi WIB.

Skuad Garuda Indonesia dipastikan berjumpa Korea Selatan dalam babak semifinal Uber Cup 2024 pada Sabtu (4/5).

Kemenangan pertama Indonesia menghadapi Thailand dibuka oleh Gregoria Mariska Tunjung yang sukses mengandaskan perlawanan Ratchanok Intanon dua gim langsung 22-20 dan 21-18. Kemenangan ini membawa Indonesia memimpin 1-0 atas tim putri Thailand.

Gregoria mengatakan kemenangan ini merupakan kemenangan pertamanya atas tunggal putri 29 tahun itu setelah selalu kalah dalam delapan pertemuan sebelumnya.

‘’Bersyukur karena pertandingan hari ini bisa lewat dengan baik. Saya berpikir kemenangan tadi untuk diriku dulu karena selama tur internasional belum sekali pun saya menang atas Intanon.Senang juga dengan dukungan tim di belakang yang membuat saya lebih percaya diri dan melepaskan ketegangan,’’ ungkap Gregoria setelah pertandingan (3/5).

Di pertandingan kedua, ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti sukses mengalahkan pasangan Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai dua gim langsung 21-17 dan 21-14.

Siti Fadia Silva Ramadhanti mengatakan permainannya tidak berbeda dengan sebelumnya. Dirinya mengaku sudah menguasai pertandingan sejak awal.

‘’Secara permainan, pola kami tidak jauh berbeda dengan pertemuan-pertemuan sebelumnya. Kami sudah sama-sama tahu jadi tadi di lapangan kami benar-benar siap, benar-benar in dan tahu mau melakukan apa di lapangan. Lebih yakin,’’ tuturnya.

Sang penentu kemenangan Indonesia, Ester Nurumi Tri Wardoyo, membenamkan perlawanan Thailand yang diwakili oleh Supanida Katethong lewat tiga gim 19-21, 21-19, dan 21-19.

‘’Puji Tuhan sangat senang bisa menang dan menjadi penentu tim Uber Indonesia ke semifinal. Masuk lapangan sempat tegang tapi karena tim sudah unggul 2-0 jadi tadi bukan menjadikan beban untuk saya tapi motivasi supaya saya bisa bermain lebih tenang dan lebih baik lagi,’’ tuturnya.

Manajer Tim Indonesia di Thomas dan Uber Cup Ricky Soebagdja sangat bangga terhadap penampilan para pebulu tangkis Uber Indonesia.
‘’Secara keseluruhan sangat membanggakan bagaimana Gregoria, Apri/Fadia dan Ester jatuh bangun berjuang di lapangan,’’ tuturnya.

Ricky mengatakan tim ini memang gabungan dari senior dan junior, tidak diperhitungkan tapi dari situ mereka menjadi termotivasi dan terpacu. Secara tim, mereka begitu solid dan kompak.

‘’Terima kasih kepada para atlet, pelatih dan tim pendukung. Apresiasi setinggi-tingginya tapi tugas belum selesai. Masih ada babak semifinal besok melawan Korea. Sekarang kami fokus ke pemulihan, saya berharap yang tadi bermain bisa cepat recoverynya. Lalu siap untuk kembali diturunkan besok,’’ tandasnya.

Sementara itu, di partai semifinal lainnya, China akan berhadapan dengan Jepang.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: