Kabar Terbaru Banjir Besar di Brasil, Korban Makin Bertambah, 60 Tewas dan 101 Hilang

Oleh: Tarmizi Hamdi
Senin, 06 Mei 2024 | 12:00 WIB
Ilustrasi banjir. (Foto/Freepik)
Ilustrasi banjir. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Hujan deras yang melanda negara bagian Rio Grande so Sul, Brasil Selatan, sejak beberapa waktu lalu mengakibatkan banjir besar.

Korban tewas dan hilang dikabarkan dari hari ke hari terus bertambah. Ada sekitar 60 warga Brasil tewas, 101 hilang, dan 155 terluka, menurut data dari pemerintah setempat pada Minggu (5/5).

Kerusakan akibat hujan lebat itu memaksa lebih dari 80 ribu orang meninggalkan rumah mereka. 

Diperkirakan 15 ribu mengungsi di sekolah-sekolah, gedung olahraga, dan tempat penampungan sementara lainnya.

Banjir lebih menyebabkan kehancuran, termasuk tanah longsor, jalan yang rusak, dan jembatan-jembatan runtuh di seluruh negara bagian itu. 

Operator melaporkan adanya pemutusan aliran listrik dan komunikasi. Lebih dari 800 ribu orang tidak memperoleh pasokan air, menurut badan pertahanan sipil, yang mengutip data itu dari perusahaan air minum, Corsan.

Pada Sabtu (4/5) malam, warga di Kota Canoas berbaris di genangan air lumpur setinggi pundak membentuk rantai manusia untuk menarik kapal yang membawa orang-orang ke tempat aman, menurut tayangan video yang dibagikan oleh jaringan berita lokal.

Muka air Sungai Guaiba mencapai rekor ketinggian 5,33 meter pada Minggu pagi pukul 08.00 waktu setempat, melampaui ketinggian air yang tercatat dalam banjir bersejarah pada 1941, ketika tinggi muka air sungai itu mencapai 4,76 meter.

“Saya ulang dan pastikan: kerusakan yang kita alami belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Gubernur negara bagian itu, Eduardo Leite pada Minggu (5/5) pagi.

Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva tiba di Rio Grande do Sul pada Minggu dengan ditemani Menteri Pertahanan Jose Mucio, Menteri Keuangan Fernando Haddad, dan Menteri Lingkungan Hidup Marina Silva, dan beberapa yang lain.

Hujan deras berawal sejak Senin (29/4) pekan lalu dan diperkirakan akan berlangsung hingga Minggu.

 sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: