Kecelakaan Maut Kereta Api Tabrak Minibus di Pasuruan, 4 Orang Meninggal Dunia

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Rabu, 08 Mei 2024 | 08:20 WIB
Kecelakaan kereta api tabrak minibus di Pasuruan. (Foto/Kominfo Kabupaten Pasuruan).
Kecelakaan kereta api tabrak minibus di Pasuruan. (Foto/Kominfo Kabupaten Pasuruan).

BeritaNasional.com - Kecelakaan lalu lintas antara mobil Kijang lGX yang membawa tujuh orang penumpang tertabrak kereta api di perlintasan masuk wilayah Desa Patuguran Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan, Selasa (7/5/2024) kemarin. Akibat kejadian ini, emoat orang dinyatakan meninggal dunia.

Sebagaimana dilihat dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Pasuruan Rabu (8/5/2024), empat dari tujuh orang penumpang mobil meninggal dunia, dan sisanya luka-luka dan masih dirawat di RSUD R.Soedarsono, Kota Pasuruan.

Keempat korban meninggal tersebut diantaranya Hj Munjiyah binti KH Noerhasan bin Nawawie dari Ponpes Sidogiri. Kemudian Ning Maslahah binti Tohir (Sidogiri), Ning Aidah binti Mahfud (Gayam), dan Ning Alwiyah binti Ali (Kepuh, Kejayan).
Sedangkan tiga lainnya luka-luka dan saat ini dirawat di Puskesmas Rejoso. Yakni M Rofiq Abdillah yang tak lain adalah pengemudi mobil kijang, serta dua penumpang lainnya atas nama M.Afulloh dan Nasruna.

Menurut salah satu saksi mata di lokasi mengatakan, mobil Kijang berpelat nomor N 1475 WU itu hendak melintas dari arah selatan menuju ke arah utara di perlintasan yang tidak dilengkapi dengan palang pintu. Pada saat yang sama, sebuah kereta api pendalungan melintas dari arah barat.

Saiful mengatakan mobil tersebut sempat terseret oleh kereta api beberapa kilometer dari lokasi kejadian awal, dan kereta api kemudian berhenti.

"Mobilnya terseret beberapa kilometer, tadi hendak melintas," ujar Saiful.

Saiful berujar bahwa di lokasi sudah ada relawan yang mengarahkan setiap warga yang melintas. Termasuk memberikan peringatan agar warga tidak nekat melintas, namun tidak diindahkan.

"Tadi relawan juga teriak-teriak, tapi tidak diindahkan," ungkapnya.

Sementara itu, Wakapolres Pasuruan Kota, Kompol Andria Diana Putra, menyatakan bahwa tiga orang meninggal dunia di lokasi kejadian. Namun ada tambahan satu korban yang sempat dilarikan ke rumah sakit, tapi ketika dalam perjalanannya meninggal dunia.

"Awalnya tiga orang yang meninggal, dan 4 lainnya luka-luka. Tapi kami dapat informasi yang baru, bahwa satu lagi meninggal dunia saat dirawat di RS Purut Kota Pasuruan," tuturnya.

Andria menuturkan bilamana mobil itu terseret oleh kereta api hingga sejauh 200 meter dari lokasi awal sebelum akhirnya berhasil dievakuasi dari lokasi rel kereta api.

Berdasarkan pengakuan para korban selamat, rombongan minibus ini hendak bersilaturahmi ke salah satu pondok pesantren di desa seberang yang tak jauh dari lokasi.

"Menurut informasi sementara, seluruh rombongan hendak bersilaturahmi ke salah satu Ponpes di Kecamatan Rejoso," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan di lokasi kejadian, sebenarnya sudah ada palang pintu yang baru saja dibangun, namun belum difungsikan.

"Palang pintunya ada dan baru dibangun, tapi belum difungsikan," tutupnya.
 sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: