Jelang Idul Adha, Pemprov DKI Gelar Pemeriksaan Hewan Kurban Pekan Depan

Oleh: Lydia Fransisca
Sabtu, 11 Mei 2024 | 13:59 WIB
Ilustrasi hewan kurban. (Foto/Freepik)
Ilustrasi hewan kurban. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Pemprov DKI Jakarta akan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban  untuk Idul Adha 1445 Hijriah pada 13 Mei 2024.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan, pemeriksaan ini dilakukan guna mencegah penyebaran Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS).

"Kami melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di tempat penampungan dan penjualan hewan kurban yang akan dimulai minggu depan yaitu tanggal 13 Mei 2024," kata saat dihubungi, Sabtu (11/5/2024).

Suharini merinci, hal yang bakal ia periksa adalah pemeriksaan dokumen administrasi lalu lintas hewan, kesehatan dan kelayakan hewan di tempat penampungan hewan kurban, dan pemeriksaan sampel untuk penyakit anthrax.

Selain memeriksa kesehatan hewan, lanjut Eli, pihaknya juga akan melakukan pengebalan populasi terhadap ternak ruminansia dengan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK), lumpy skin disease (LSD) dan Anthrax.

Pemeriksaan kesehatan tersebut dilakukan bersama petugas gabungan yang terdiri dari Dinas KPKP, Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (FKH IPB), Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) DKI Jakarta, dan Kementerian Pertanian.

"Kami berkoordinasi dengan dinas yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan di daerah pemasok," tambah Eli. 

Lebih lanjut, Eli berharap bahwa masyarakat bisa melaporkan kepada petugas Dinas KPKP di setiap wilayah jika ditemukan adanya hewan kurban yang sakit. 

"Diharapkan dukungan dari masyarakat untuk melaporkan kepada petugas Dinas KPKP di setiap wilayah jika ditemukan adanya hewan kurban yang sakit. Sukses Jakarta untuk Indonesia," tandas Eli.
 sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: