7 Cara Jitu Hilangkan Sakit Kepala Ringan

Oleh: Tarmizi Hamdi
Minggu, 12 Mei 2024 | 07:30 WIB
Ilustrasi sakit kepala. Foto/freepik)
Ilustrasi sakit kepala. Foto/freepik)

BeritaNasional.com - Banyak orang yang mengeluhkan pusing atau sakit kepala ringan yang diiringi dengan rasa mual atau muntah.

Meskipun bukanlah suatu kondisi medis, pusing bisa jadi gejala dari penyebab yang mendasari penyakit hipotensi (tekanan darah rendah), mabuk perjalanan, gangguan kecemasan, kepanasan, dan dehidrasi.

Pusing disebabkan oleh beberapa hal misalnya, masalah telinga, tekanan darah rendah, dehidrasi,anemia, kecemasan, Masalah neurologis, kurang tidur, stres, hingga pola makan yang buruk.

Simak 7 tips cara menghilangkan pusing yang dikutip dari Healthshots.com

1. Tetap terhidrasi

Dehidrasi adalah penyebab umum pusing. “Pastikan Anda minum cukup air sepanjang hari, terutama saat cuaca panas atau aktivitas fisik,” kata Ahli Saraf Dr Madhukar Bhardwaj. Hindari konsumsi kafein dan alkohol berlebihan, karena dapat menyebabkan dehidrasi juga

2. Pertahankan pola makan seimbang

Kadar gula darah yang rendah bisa memicu pusing. Usahakan untuk mengonsumsi makanan teratur dan seimbang yang mencakup kombinasi karbohidrat kompleks, protein tanpa lemak, dan lemak sehat. Hindari melewatkan waktu makan dan pilihlah makanan ringan seperti kacang-kacangan, buah-buahan, atau biskuit gandum untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

3. Kelola stres

Stres dan kecemasan dapat memperburuk gejala pusing. Latih teknik relaksasi seperti pernapasan dalam, meditasi, atau yoga untuk membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan. Prioritaskan aktivitas perawatan diri dan lakukan hobi yang memberi Anda kegembiraan dan relaksasi.

4. Berolahraga secara teratur

Aktivitas fisik meningkatkan sirkulasi, memperkuat otot, dan meningkatkan keseimbangan, yang semuanya dapat membantu mengurangi pusing. “Pilih olahraga yang Anda sukai dan dapat dilakukan dengan aman, seperti berjalan kaki, berenang, atau peregangan ringan,” saran Dr Bhardwaj. Mulailah secara perlahan dan secara bertahap tingkatkan intensitas seiring dengan peningkatan tingkat kebugaran Anda.

5. Tetap tenang

Panas dapat memperparah pusing, jadi usahakan tetap sejuk di lingkungan panas. Gunakan kipas angin atau AC untuk menjaga suhu nyaman di dalam ruangan. Jika Anda perlu keluar rumah pada hari yang panas, kenakan pakaian yang ringan dan menyerap keringat, serta carilah tempat berteduh jika memungkinkan. Selain itu, pertimbangkan untuk membawa payung atau handuk pendingin untuk membantu mengatur suhu tubuh Anda.

6. Hindari pemicunya

Identifikasi dan hindari pemicu yang memperburuk gejala pusing Anda. Pemicu umum termasuk gerakan tiba-tiba, cahaya terang, suara keras, dan lingkungan dengan bau yang menyengat. Cobalah untuk meminimalkan paparan terhadap pemicu ini bila memungkinkan untuk mencegah episode pusing.

7. Latih postur tubuh yang baik

Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan pusing dengan memengaruhi aliran darah dan fungsi saraf. Pertahankan postur tubuh yang benar saat duduk, berdiri, dan berjalan untuk mengurangi ketegangan pada leher dan punggung. Selain itu, pastikan Anda beristirahat di sela-sela waktu untuk meregangkan tubuh saat bekerja menggunakan laptop.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: