Ghufron Baca Doa Jelang Hadapi Sidang Etik Dewas KPK

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 14 Mei 2024 | 11:30 WIB
Suasana KPK (Beritanasional/Panji)
Suasana KPK (Beritanasional/Panji)

BeritaNasional.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron mengaku mempersiapkan diri sebelum menghadapi sidang kode etik dan pedoman perilaku di Dewan Pengawas (Dewas) lembaga antirasuah.

Menurutnya, persiapan tersebut benar-benar ia lakukan sejak pagi atau setelah bangun tidur. Di antaranya, menyantap makan pagi dan berdoa jelang sidang etik.

"Persiapannya dipersiapkan baik-baik. Persiapannya mulai pagi sudah bangun pagi, sarapan, baca doa," ujar Ghufron di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Selasa (14/5/2024).

Sebelumnya, Ghufron mengonfirmasi kehadirannya yang bakal mendatangi gedung pusat edukasi KPK untuk menjalani proses sidang etik.

"Insyaallah saya akan hadir pemeriksaan Dewas," ujar Ghufron melalui keterangan tertulis.


Di sisi lain, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata juga turut dipanggil atas perkara etik tersebut. Alex mengaku bakal untuk menjadi saksi bagu Ghufron.

"Besok memang saya dipanggil jadi saksi di sidang etik," kata Alex di Gedung Merah Putih KPK.

Dalam perkara etik itu, Ghufron sempat tidak menghadiri sidang etik yang digelar Dewas KPK sebelumnya. Ia mengaku srngaja tak hadir karena sudah bersurat dan meminta penundaan untuk agenda tersebut. 

"Tadi pukul 9.30 saya diundang kegiatan sidang etik, kebetulan saya sengaja (tidak datang)," kata Ghufron.

Dirinya lantas merujuk pasal 55 UU Mahkamah Konstitusi (MK) yang menyatakan suatu norma sedang diuji dan turunan norma itu sedang diuji juga di Mahkamah Agung (MA) maka, sidang harus ditunda. 

"Atas dasar pasal 55 UU MK tersebut, saya meminta penundaan. Karena memang saya sedang mengajukan gugatan terhadap keabsahan forum pemeriksaan sidang etik dimaksud," kata dia. 


 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: