BNPB Laksanakan Operasi TMC untuk Percepat Penanganan Banjir dan Longsor di Sumbar

Oleh: Panji Septo R
Rabu, 15 Mei 2024 | 19:30 WIB
Kondisi banjir di Sumatera Barat. (Foto/BMKG)
Kondisi banjir di Sumatera Barat. (Foto/BMKG)

BeritaNasional.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bakal melakukan operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk mempercepat penanganan darurat banjir bandang lahar dingin dan tanah longsor di beberapa kabupaten dan kota di Sumatera Barat.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, teknologi modifikasi cuaca itu sangat diperlukan guna mendukung evakuasi serta perbaikan sarana dan prasarana.

“Hal ini dilakukan agar penanganan darurat yang dilakukan bersama berbagai instansi tidak terhambat dan terkendala cuaca buruk,” ujarnya dalam keterangan tertulis pada Rabu (15/4/2024).

Muhari menuturkan TMC sangat membantu mengondisikan cuaca di Sumatera Barat yang masih berpotensi hujan ringan hingga hujan lebat menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

 “Operasi TMC di Sumatera Barat ini dilaksanakan atas koordinasi BNPB, BMKG, TNI AU, Pemprov Sumatera Barat dan pihak terkait lain,” tuturnya. 

Muhari menjelaskan BNPB menggunakan pesawat tipe Grand Caravan 208 C dengan nomor lambung PK-SNN dari Bandar Udara Minangkabau. 

“Operasi TMC direncanakan dilakukan dua sortie penerbangan yang dimulai pada pukul 13.30 WIB dengan membawa 1 ton natrium klorida (NaCl) pada setiap sortie. Sehingga total bahan semai untuk operasi TMC Sumatera Barat hari ini adalah 2 ton,” katanya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: