Menjajal Fitur Live Tracking Bus Transjakarta di Google Maps

Oleh: Lydia Fransisca
Kamis, 16 Mei 2024 | 09:42 WIB
BusTransjakarta. (Foto/Transjakarta)
BusTransjakarta. (Foto/Transjakarta)

BeritaNasional.com - Media sosial X dihebohkan dengan kembalinya fitur Google Maps yang bisa melacak jadwal kedatangan dan lokasi posisi bus Transjakarta.

Sebelumnya, fitur serupa pernah dapat dinikmati para pengguna Transjakarta pada aplikasi Trafi atau Moovit. Sayangnya, kedua aplikasi tersebut tak lagi bisa melakukan live tracking.

Tersedianya kembali fitur ini disambut baik oleh warganet. Banyak yang bersyukur karena teknologi ini dapat membantu para pengguna Transjakarta.

Beritanasional.com akhirnya mencoba fitur tersebut pada Kamis (16/5/2024). Kami memulai perjalanan dari Halte Puribeta 2 dengan tujuan akhir CSW.

Kami dengan bus bernomor 13 rute Puribeta 2-Tegal Mampang. Cara pertama untuk melakukan live tracking adalah membuka aplikasi Google Maps.

Setelah itu, kami mencari Halte Puribeta 2 dalam kolom pencarian. Setelah diklik, hasilnya otomatis menunjukkan jadwal bus secara real time yang melayani Halte Puribeta 2.

Kami memilih perjalanan pukul 08.03 WIB. Bus berkode MB-1653 pun datang ke halte pada pukul 08.00 WIB. Tentunya, berbondong-bondong penumpang mencoba masuk ketika pintu bus sudah terbuka.

Namun, bus berangkat meninggalkan Halte Puribeta 2 pada pukul 08.02 WIB, semenit lebih cepat dari jadwal yang dimuat dalam Google Maps.

Selanjutnya, bus dijadwalkan sampai di halte selanjutnya, yaitu Halte Puribeta 1, pada 08.05 WIB. 

Menariknya, saat perjalanan itu, Google Maps mengubah jam keberangkatan bus yang kami tumpangi menjadi 08.02 WIB. Otomatis, jam tiba di halte berikutnya juga berganti.

Begitu juga ketika bus ingin melaju ke Halte Petukangan Utara. Sudah rahasia umum bahwa jalanan tersebut menjadi tempat langganan macet. Tentunya, hal tersebut akan mengubah headway bus.

Secara otomatis pula bus yang dijadwalkan tiba pukul 08.14 WIB diganti menjadi 08.20 WIB, mengikuti perjalanan asli yang dialami penumpang.

Akhirnya, kami tiba di Halte CSW pada pukul 08.37 WIB, berbeda empat menit dari yang dijadwalkan semula. Meski demikian, hal tersebut bukanlah masalah besar karena perubah jam perjalanan selalu diperbaharui.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: