Adik Kim Jong Un Tolak Tudingan Jual Senjata ke Rusia

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 17 Mei 2024 | 15:34 WIB
Korut tidak menjual senjata ke Rusia (Foto/Pixabay)
Korut tidak menjual senjata ke Rusia (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - ​​​​​​Kim Yo Jong, adik perempuan pemimpin Korea Utara menepis tuduhan melakukan kerja sama militer antara Pyongyang dan Moskow. Ia menekankan bahwa senjata Korea Utara semata-mata dimaksudkan untuk menargetkan Seoul bukan untuk diekspor atau dijual ke Rusia.

Pernyataan Kim Yo Jong, yang menjabat sebagai Wakil Direktur Departemen Partai Pekerja Korea yang berkuasa itu, muncul di tengah kecurigaan bahwa Korea Utara telah memasok senjata ke Rusia untuk mendukung perang di Ukraina.

“Kami tidak mempunyai niat untuk mengekspor kemampuan teknis militer kami ke negara mana pun atau membukanya untuk umum,” kata Kim dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh Kantor Berita Pusat Korea (KCNA), Jumat (17/5/2024).

Dikutip dari Antara, Kim mengatakan, tuduhan itu sangat tidak masuk akal. Ia mengatakan, senjata taktis Korea Utara, termasuk beberapa peluncur roket dan rudal, dimaksudkan untuk menghalangi Korea Selatan terlibat dalam pemikiran kosong apa pun yang tampaknya mengacu pada latihan militer gabungan Korea Selatan-AS.

Korea Utara telah lama mengecam latihan militer Korsel sebagai latihan untuk melakukan invasi terhadap negaranya, sementara Seoul dan Washington menolak klaim tersebut.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: