Atalanta Juara Liga Europa, Putus Rekor Tak Terkalahkan Bayer Leverkusen

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Kamis, 23 Mei 2024 | 05:52 WIB
Atalanta menjuarai Liga Europa. (Foto/instagram/eurpaleague)
Atalanta menjuarai Liga Europa. (Foto/instagram/eurpaleague)

BeritaNasional.com - Atalanta resmi menjadi juara Liga Europa setelah memutus rekor tak terkalahkan Bayer Leverkusen dalam partai final di Stadion Aviva, Dublin, Kamis (23/5/2024) dini hari WIB. Tim asal Italia ini menang dengan skor 3-0 dari Leverkusen.

Ademola Lookman menjadi pahlawan setelah mencetak hattrick ke gawang Leverkusen. Ia pun berhasil membantu Atalanta untuk memperoleh trofi Liga Europa sekaligus mengubur mimpi Leverkusen yang menorehkan catatan apik 51 pertandingan tak terkalahkan.

Sejak menit awal, Atalanta bermain menyerang. Hasilnya, di menit ke-12 Atalanta sudah unggul melalui kaki Lookman. Serangan bermula dari sisi kiri yang kemudian Teun Koopmeiners memberikan umpan dan tidak disia-siakan oleh Lookman. Skor berubah menjadi 1-0 keunggulan Atalanta.

Atalanta semakin menggila, di menit ke-26 Lookman mencetak brace alias gol kedua setelah memotong operan gelandang Leverkusen Granit Xhaka. Ia pun membawa bola menuju depan kotak penalti dan melepaskan tendangan melengkung ke tiang jauh gawang Leverkusen dan Kovar tak bisa menghalaunya. Skor kini menjadi 2-0.

Setelah tertinggal 0-2, Leverkusen baru mendapatkan peluang emas di menit ke-35 saat Alejandro Grimaldo mendapatkan umpan manis dari Palacios. Namun sepakannya masih mengarahkan ke penjaga gawang Atalanta Juan Musso.

Di akhir babak pertama, Kovář melakukan penyelamatan indah setelah mendapatkan sepakan dari Charles De Ketelaere pada menit ke-43. Skor masih 2-0 keunggulan Atalanta sekaligus menutup babak pertama.

DI babak kedua, tempo permainan masih berlangsung tinggi. Leverkusen mencoba membongkar solidnya lini belakang Atalanta tapi masih menemui jalan buntu.

Atalanta malah mencetak gol ketiga, setelah Gianluca Scamacca memberikan umpan kepada Lookman pada menit ke-75. Pemain Nigeria itu menenangkan diri sebelum melepaskan tembakan melewati Kovář.

Reputasi Leverkusen dalam mencetak gol-gol di menit-menit akhir pun sirna di tangan Atalanta. Lini pertahanan berjalan solid dan Xabi Alonso seperti menemui jalan buntu untuk memainkan strategi andalannya.

Sampai wasit menyudahi pertandingan ini, skuad Atalanta asuhan pelatih Gian Piero Gasperini menjadi juara baru Liga Europa. Mimpi Leverkusen untuk meraih 53 pertandingan tidak terkalahkan pun sirna.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: